25
Mar-2015

1 April 2015, Jadwal KA DAOP VI Berubah

Anda yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api, perlu lebih cermat memeriksa jadwal keberangkatan. Perhatikan dengan seksama tiket Anda supaya tidak ketinggalan kereta.

Terhitung mulai 1 April 2015, jadwal kereta api lokal mengalami perubahan. Hal ini terkait dengan mulai diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2015, dimana PT KAI Daop VI akan mengoperasikan 31 jadwal perjalanan KA lokal dan ekonomi jarak menengah, yang menghubungkan Kutoarjo, Yogyakarta, Solo, Madiun dan Semarang PP.
Executive Vice President PT KAI Daop VI Jogja Wiwik Widayanti menjelaskan, KA lokal yang mengalami perubahan jadwal perjalanan, diantaranya adalah Prameks yang melayani rute Kutoarjo-Jenar-Wates-Yogyakarta-Lempuyangan-Maguwo-Klaten-Purwosari-Solo Balapan PP. Kemudian KA Sriwedari AC, KA Joglo Ekspres, KA Sidomukti yang melayani Yogyakarta-Lempuyangan-Maguwo-Klaten-Purwosari-Solo Balapan PP, serta KA Ekonomi jarak menengah Kalijaga yang melayani rute Purwosari-Solo Balapan, Salem, Gundih, Telawa, Kedung Jati, Brumbung-Semarang PP.
“Karena kita mulai memberlakukan GAPEKA 2015, kita mengimbau agar para penumpang datang lebih awal dari jadwal biasanya. Secara umum, jadwal pemberangkatan KA kita majukan 30 menit dari jadwal semula. Jangan sampai penumpang terlambat,” kata Wiwik, didampingi Manager Corporate Communication PT KAI Daop VI Gatut Sutiyatmoko dan Manager Pemasaran Sigit Irawanta, Rabu 25 Maret 2015.
Selain perubahan jadwal, PT KAI lanjut Wiwik, juga melakukan penyesuaian harga tiket. Ini dilakukan, karena KA lokal Sriwedari AC dan Prameks masuk dalam kelas KA disubsidi atau PSO. Penyesuaian tarif diberlakukan menyusul terbitnya Peraturan Menteri Perhubungan 17 Tahun 2015 Tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi Untuk Melaksanakan Kewajiban Publik (PSO).Tarif KA

Penyesuaian tarif, kata Wiwik berkaitan dengan terjadinya fluktuasi harga BBM bersubsidi dan melemahnya nilai tukra rupiah terhadap dollar yang otomatis akan mempengaruhi biaya operasional.
Terkait dengan GAPEKA 2015, Daop VI akan memasukkan 15 KA yang selama ini dioperasikan secara fakultatif. Artinya, KA baru ini akan segera dioperasikan secara regular dan terjadwal.
“Dengan GAPEKA 2015, kita akan menata kembali jadwal perjalanan KA. Penumpang kita harapkan bisa menyesuaikan dengan jadwal baru. Sedikit merepotkan, tapi target kita kedepan GAPEKA baru ini akan lebih menjamin ketepatan waktu pemberangkatan ataupun kedatangan KA,” lanjut Wiwik.

 

 

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec