20
Aug-2015

10 Besar Duta Museum DIY Telah Terpilih

Penjurian penentuan 10 besar Duta Museum DIY telah dilakukan di Hotel Gallery Prawirotaman Yogyakarta,  Sabtu (15/8). Akhirnya, terpilih 10 besar dari 30 peserta yang mengikuti penjurian akhir.

Koordinator Teknis Pemilihan Duta Museum DIY 2015 Hairullah Gazali mengatakan, untuk memilih dari 30 menjadi 10 orang finalis, bukanlah pekerjaan yang mudah bagi tim pemilihan dan dewan juri.

“Selama beberapa hari kami melakukan pengamatan langsung masing-masing finalis secara langsung maupun aktivitasnya di Medsos, agar lebih tajam dan detail dalam hasil. Bahkan, kami juga menerjunkan dewan juri sekaligus memberikan pembekalan dan mengadakan pengamatan langsung,” kata Hairullah.

Ia menambahkan, masing-masing dewan juri diberi ksempatan memberikan poin-poin pengamatan sendiri dengan pendekatan beberapa aspek.foto duta museum

“Di antaranya, aspek komunikasi dan public speaking, tata bahasa dan bahasa asing, pengetahuan permuseuman dan aspek kebudayaan dengan pendekatan keistimewaan DIY,” ungkap Hairullah.

Hairullah menegaskan, satu hal yang dibanggakan adalah dari proses tersebut, project yang diberikan pada para finalis menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

“Bahkan ada finalis yang dimintai tolong oleh pihak museum membuat video promosi sampai dengan mendapatkan undangan dari museum di Belanda untuk mewakili Indonesia,” lanjut Hairullah.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Barahmus DIY Mayor Sus Ayi Supriadi, S.S., M.Sc. yang juga berasal perwakilan dari Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala mengapresiasi kesungguhan para duta dalam menjalani proses dan mengerjakan project yang dibebankan kepada masing-masing finalis.

“Kami dari Barahmus sebagai wakil dari user Duta Museum nantinya memiliki harapan yang sangat besar terhadap kinerja Duta Museum DIY ini. Kami harus memiliki Duta Museum yang istimewa dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya. Karena potensi permuseuman kita sangat banyak dan variatif,” katanya.

Finalis 10 besar Duta Museum telah diumumkan melalui website www.dutamuseumdiy.com mulai 15 Agustus pukul 20.00 WIB. Setelah ini, dari 10 besar Duta Museum ini akan kembali mengikuti beberapa tahapan lagi. Di antaranya, pembekalan 10 besar, pengerjaan project tahap ke-2 sampai pelatihan koreografi, dan persiapan lainnya untuk malam Grand Final yang akan diadakan di Hotel Harper Mangkubumi pada tanggal 22 Agustus 2015.(*)

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec