03
Jun-2016

Aneka Pilihan Kerajinan Kuningan

Foto Kuningan MD 2

Jogja kaya akan berbagai sentra kerajinan. Salah satunya, adalah pusat Kerajinan Kuningan dan Aluminium, di Danunegaran, Matrijeron, Kota Jogja.

Disini, salah satu pengrajin yang tak boleh dilewatkan adalah MD Kuningan. Sudiran pemilik pusat kerajinan ini, sudah menggeluti usahanya ini sejak 34 tahun silam. Di usianya yang kini menginjak 70 tahun, Sudiran sudah pernah membuat puluhan jenis barang kerajinan berbahan aluminium dan kuningan. Foto Kuningan MD 1Bukan hanya di Jogja, produknya di kenal hingga seluruh Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara Timur (NTT). Bukan mustahil, tanpa sepengetahuan Sudiran, produknya sudah sampai pasar luar negeri. Karena ketika produk kerajinan sudah masuk ke Bali, sebenarnya sama artinya dengan masuk ke pasar global.
Selain melayani permintaan langsung atau retail di rumah produksinya dan di salah satu kios di Pasar Beringharjo Jogja, Sudiran juga memiliki sejumlah bakul atau pedagang besar. Oleh distributornya inilah, kerajinan Sudiran dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia. Dan konon sebagian melayani pasar ekspor.
Kelebihan kerajinan buatan MD, terletak pada variasi produk yang sangat beragam karena Sudiran menggandeng banyak mitra perajin. Khusus finishing, dikerjakan sendiri oleh Sudiran dan sejumlah karyawannya. Hal ini untuk memastikan semua produk kerajinannya berkualitas baik dan standar.
Foto Kuningan MD 6
Diantara produk-produknya, kerajinan berupa patung Yesus berbagai ukuran, tempat lilin bertangkai, cawan serta salib dan berbagai aksesoris yang dibutuhkan umat Nasrani termasuk yang laku paling keras. Demikian pula klonthongan sapi, miniatur sepeda, miniatur becak, serta miniatur andong hingga logo keraton Jogja. “Tidak semua saya kerjakan sendiri. Sebagian diproduksi oleh mitra. Selain untuk membagi pekerjaan, bila semua kami kerjakan sendiri, sama artinya mencemari lingkungan kampung dimana saya tinggal,” ujar Sudiran yang dapat menjual patung Jesus lebih dari 300 keping setiap bulan.
Sudiran mengaku tidak ingat lagi berapa banyak jenis kerajinan yang pernah dia produksi. Tapi sebagian besar variasi kerajinan itu, masih dia pajang di kiosnya di Pasar Beringharjo Jogja. Selain sebagai kenangan, juga sebagai contoh bila ada calon konsumen yang tertarik untuk memesan. Demikian pula dengan workshopnya di Danunegaran, tetap dia pertahankan sekalipun sebagian jenis kerajinan sudah dikerjakan mitra. Alasannya, bukan mustahil akan ada konsumen setelah melihat produknya, ingin juga melihat proses produksi secara langsung.
Foto Kuningan MD 4
Lokasi workshop :
Kampung Danunegaran, Matrijeron Jogja

Lokasi kios :
Pasar Beringharjo

Jam operasional :
Jam 09.00 – 16.00 wibFoto Kuningan MD 5

Harga :
Bervariasi tergantung jenis dan ukuran

3

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec