26
Jun-2016

Bangkitkan Nasionalisme Di Rumah Garuda

Wisata   /   Tags: , ,
rumah garuda 2

Garuda, bagi bangsa Indonesia bukan sekedar burung. Garuda adalah lambang negara. Ada sebuah rumah di Jogja, yang dipersembahkan khusus untuk burung kebanggaan bangsa ini. Itulah Rumah Garuda.

Melintasi jalan yang terbentang di antara persawahan di samping kampus ISI Yogyakarta bagi sebagian orang mungkin tidak ada yang istimewa. Jalan beraspal yang tidak begitu luas, tidak berbeda jauh dengan jalan-jalan desa lainnya. Namun ketika mata kita tertuju pada salah satu bangunan yang terapit ladang persawahan ada sesuatu yang tampak berbeda. Di bangunan tersebut jelas terlihat tulisan ‘Rumah Garuda’.

rumah garuda 4Rumah yang ditempati salah seorang dosen di ISI Yogyakarta ini juga dijadikan museum. Museum dengan berbagai koleksi dan pernak pernik terkait burung Garuda, burung yang dijadikan lambang negara kita. Di dalam rumah yang tidak begitu luas ini, kita akan lihat berbagai ragam pernak-pernik Garuda, mulai dari foto, wayang garuda, patung, kostum Gardala (Garuda Pancasila), replika garuda dengan berbagai jenis dan bentuk serta sejarah atau proses pengakuan Garuda menjadi lambang negara.

rmh garuda 3Adalah Nanang R Hidayat, pemilik sekaligus pendiri museum Rumah Garuda tersebut. Museum Rumah Garuda yang didirikan pria kelahiran Mojokerto inipun kini menjadi ruang publik untuk pusat studi serta menelusuri metamorphosis Garuda. Di sini, pelajar maupun mahasiswa dapat belajar dan mengali bagaimana proses pengakuan burung Garuda dijadikan lambang negara. “Di museum Rumah Garuda kita akan dapat mengurai sejarah terciptanya lambang negara, siapa yang berperan dalam menentukan lambang negara berupa garuda hingga nilai filosofi yang di dalam Garuda” ungkapnya.

Burung Garuda atau banyak yang menyebut burung Elang karena keperkasaan serta ketangguhannya banyak dijadikan lambang negara, baik di Asia, Timur Tengah hingga benua Eropa dan Amerika. Seperti, Mesir, Irak, Libya, Syria, Yaman, Uni Emirat Arab, Jerman, Polandia, Rusia, Austria dan juga Amerika Serikat. Namun dari sekian banyak lambang Negara yang mengunakan burung Elang hanya satu benar-benar memiliki kesamaan dengan bentuk asli burung Elang, yakni Thailand.

rumah garuda 3Nanang mengatakan yang melatarbelakangi pendirian museum Rumah Garuda karena rasa prihatin dirinya yang hingga saat ini tidak ada buku atau arsip yang mengurai kronologis perwujudan Garuda Pancasila. Apalagi garuda merupakan simbol pemersatu.

Mengunjungi museum Rumah Garuda kita bukan sebatas melihat koleksi karena menurut Nanang salah satu tujuannya bagaimana pengunjung ini bisa belajar atau melakukan riset sehingga tergerak hati untuk peduli. Sehingga anak-anak bangsa, generasi muda akan timbul rasa nasionalismenya.

rmh garuda 5Meski di sebut museum, namun tempat ini hanya dibuka dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu. Museum yang dirintis Nanang yang berawal dari foto-foto garuda hasil jepretan di gang-gang perkampungan ini tercatat telah dikunjungi tidak hanya mahasiswa yang tinggal di Yogyakarta. Dalam buku tamu yang disediakan pengelola tercatat ada pengunjung dari berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Lampung dan Medan, bahkan ada juga pengunjung dari luar negeri, mulai dari Meksiko, Polandia, Hongaria, Jerman maupun Estonia.

 

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec