12
Jul-2013

Bank Indonesia DIY Tambah Hari Penukaran

Sebelum Lebaran, ada solusi bagi masyarakat Yogyakarta dan wisatawan yang ingin menukarkan uang recehan.

Mengantisipasi peningkatan penukaran uang pecahan kecil jelang Hari Raya Idul Fitri, Bank Indonesia DIY menambah ahri penukaran. Langkah ini untuk memenuhi peningkatan permintaan kebutuhan uang pecahan kecil oleh masyarakat umum di Yogyakarta menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Seperti tahun lalu, saat bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri,  permintaan kebutuhan masyarakat akan uang pecahan kecil cenderung meningkat. Bank Indonesia Yogyakarta yang semula memberikan layanan setiap hari Senin dan Kamis, mulai 9 Juli – 6 Agustus 2013, pelayanan  ditingkatkan setiap hari Senin – Kamis dari pukul 08.00 hingga alokasi nomor antre dianggap cukup. Selain itu, Bank Indonesia DIY tidak membatasi jumlah nominal dan pecahan, hanya tetap memperhatikan kepantasan dan kewajaran.

Bank Indonesia juga mengimbau pada bank umum untuk membantu melayani penukaran yang dilakukan nasabahnya.

“Kami juga bekerja sama dengan 16 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di mana mereka juga melayani penukaran dalam jumlah sesuai dengan alokasi,” kata Direktur Bank Indonesia DIY Arief Budi Santosa, Jumat (12/7).

Budi menambahkan, penukaran oleh retailer, toko, dan instansi pemerintah maupun swasta dilayani di loket terpisah. Di samping itu, Bank Indonesia juga menyelenggarakan penukaran uang melalui kas keliling di beberapa tempat strategis.

“Kami tegaskan, jumlah stock uang di Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY cukup,” imbuhnya.

Bahkan, Bank Indonesia akan menambah stock seandainya diperlukan. Proyeksi kebutuhan masyarakat (outflow) untuk periode Ramadhan tahun ini sekitar Rp 3,11 triliun atau jika dibandingkan realisasi outflow tahun 2012 sebesar Rp 2,56 triliun terjadi peningkatan 22 persen.

1

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec