28
Jul-2015

Belajar Flora dan Fauna di Museum Biologi

Lebih dari 4000 koleksi hewan dan tumbuhan ditampilkan dalam sejumlah diorama tematik yang mengambarkan kondisi habitat mereka di alam

Beragam koleksi hewan dan tumbuhan dapat Anda pelajari dengan mengikuti alur pengamatan ke berbagai ruang pamer yang ditata berdasarkan kelompoknya masing-masing. Seperti kelompok burung, reptil, amfibi, ikan maupun mamalia di museum Biologi Yogyakarta. Sehingga setiap pengunjung dapat mengamati satu persatu setiap koleksi secara runtut.Museum Biologi
Sebagai wahana wisata edukasi, Museum Biologi tidak hanya menawarkan tempat untuk berkreasi, tetapi juga menawarkan ilmu pengetahuan mengenai flora dan fauna. Di museum yang terletak di Jalan Sultan Agung ini pengunjung dapat menggali ilmu dengan mengamati secara langsung semua koleksi beserta informasi yang menyertainya.
Beragam koleksi kerangka hewan ada disini. Mulai dari kerangka gajah Nyi Bodro yang berasal dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, badak Jawa, dugong, kuda hingga walabi. Ini semua merupakan sebagian koleksi kerangka unggulan museum Biologi yang akan memperkaya khasanah pengetahuan setiap pengunjung. Sementara berbagai koleksi tumbuhan ditampilkan dalam bentuk awetan kering maupun basah. Koleksi biji dan tanaman obat yang mewakili tradisi serta budaya pun ada disini.
Museum BiologiPenjaga Museum Biologi, Ragiyanto menjelaskan koleksi awal berasal dari penggabungan koleksi museum Zoologicum dan museum Herbarium. Museum ini sendiri diprakarsai oleh Muso Suryo Winoto, dosen Biologi UGM serta Drh Indrayana seorang kolektor hewan dari Fakultas Kedokteran UGM.
Peresmian museum secara formal sebagai bagian dari Fakultas Biologi UGM dilakukan pada 20 September 1969. Namun mulai dibuka untuk umum pada 1 Januari 1970. Sejak dibuka menempati bangunan peninggalan kolonial Belanda.
Koleksi Museum Biologi tidak semua milik sendiri. Ada juga titipan atau pemberian dari perseorangan dan titipan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA) Yogyakarta, seperti koleksi Harimau.Museum Biologi Adapun koleksi tertua yang ada di Museum Biologi adalah tumbuhan, koleksi tahun 1954 dan termuda kerangka Penyu, 2012.
Museum Biologi menyediakan layanan berupa presentasi umum mengenai koleksi juga layanan pemandu bagi pengunjung rombongan dari sekolah atau perguruan tinggi yang memerlukan, dengan terlebih dahulu menyampaikan permohonan tertulis. Museum Biologi pun akan memfasilitasi kegiatan penelitian ilmih bagi siswa dan mahasiswa.
Jam Buka
Museum Biologi buka Senin-Jumat. Jam buka Senin-Kamis dari pukul 07.30-16.00 wib. Sedangkan khusus Jumat dari pukul 07.30-15.00 wib. Sementara untuk Sabtu-Minggu tetap bisa dilayani namun harus mengajukan permohonan kunjungan melalui telepon atau faximile, dan hari nasional tutup.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec