18
Dec-2015

Belajar Seni Tani Organik dari Bukit Imogiri (2)

Permaculture

Pilihan ke Yogyakarta dan Imogiri, tentu ada ada alasannya. Sebelumnya, tahun 1972, dirinya pernah tinggal di propinsi ini dan aktif di Bengkel Teater.

Di Bumi Mataram ini, Iskandar sempat membuat kerajinan kulit di Kasongan. Seperti tas, dompet, ikat pinggang, dan aneka cindera mata lainnya. Sekitar tujuh tahun ia menekuni usaha tersebut.foto 7 Tahun 1982, Iskandar mengikuti transmigrasi spontan bersama teman-temannya dan membuka pertanian di Bengkulu. Ia bertemu istrinya, Darmila. Tahun 1984, mereka menikah dan tahun 1987 pasangan muda ini meninggalkan Bengkulu. Dan pilihannya adalah Bali.

Di Bukit Imogiri, Iskandar mendirikan Bumi Langit Institute. Yaitu, komunitas yang mengembangkan pertanian terpadu dengan sistem Permaculture. Permaculture atau pertanian permanen merupakan pengetahuan dan kesadaran dalam menata (design) dan foto 6pemeliharaan terhadap sebuah ekosistem pertanian produktif yang di dalamnya ada keberagaman, daya tahan, dan stabilitas.

Tatanan (design) permaculture merupakan sistem yang mengabungkan komponen konseptual, material, dan strategi dalam pola (pattern) yang berfungsi maksimal. Philosophy di belakang permaculture adalah kerja sama antara manusia dengan alam, bukan menentang alam.

Kini, Bumi Langit Institute juga membuka kesempatan kepada pada pelajar dan masyarakat luas untuk belajar. Mereka diajak belajar dalam banyak hal tentang pemberdayaan alam dan lingkungan. Mereka juga berkeliling melihat berbagai fasilitas pengolahan alami yang tergolong lengkap. Semua limbah cair dari kamar mandi, dapur, dan cuci di daur ulang dan dimanfaatkan sebagai sumber air pada kolam ikan. Sisa dapur dan limbah kandang diolah di rumah kompos. Bak penampungan air yang cukup besar, sumur bor sedalam 150 meter, solar energy sistem hybrid, bio gas digester, kolam perendaman kayu dan bambu untuk pengawetan, rangkaian kolam sebagai filter limbah, kandang sapi, kandang kambing, kandang ayam, kandang kelinci, peternakan cacing, kandang bebek petelur, dan itik angsa menjadi satu dengan kolam ikan.

foto 8Siswa juga diajarkan tentang gaya hidup sehat alami, konsep taman rumah sebagai sumber pangan keluarga, membuat kue/jajanan tanpa tepung terigu, dan pengenalan permaculture. Yaitu, disiplin ilmu yang membantu membaca ayat-ayat Tuhan melalui ciptaan-Nya dan di saat yang sama mempertahankan atau menjaga nilai-nilai luhur budaya dan warisan leluhur. Kemudian, memadukan kesadaran lingkungan dan kearifan pengetahuan dalam bentuk kerja praktek langsung.

Koordinat: 7°55’34.434″S – 110°24’36.468″E

Lokasi: – Jalan KM3, Bukit Imogiri, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak ada kendaraan umum, harus menggunakan kendaraan pribadi.

Potensi:

– Dekat Bumi Langit Institute, lokasinya tidak jauh dari makam Raja-raja Mataram Imogiri di lereng Timur.

– Di ketinggian 280 m dpl, ada permukiman terbuka dengan keindahan hamparan dataran rendah Yogyakarta dengan garis laut di Selatan dan empat gunung di Utara, mulai dari Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan Merapi.

– Dekat lokasi Bumi Langit Institute, ada kawasan hutan milik Universitas Gajah Mada dan ladang pertanian masyarakat yang menjadikannya pemandangan indah sempurna.

– Bumi Langit Institute menyediakan pilihan paket pelatihan bisa diikuti sebagai sarana belajar mengembangkan diri dengan trainer bertaraf nasional dan internasional. Metode ini foto 4merupakan kesatuan antara konsep dan laku keseharian.

– Di Bumi Langit Institute, pertanian dan perternakan merupakan sebuah elemen penting dalam mata rantai kehidupan manusia. Niat dan cara yang benar dalam melakukannya menjadi penentu kualitas kehidupan secara keseluruhan sebagai manusia. Di sini, perlu dikembangkan budidaya pertanian dan peternakan alami/ organik yang bermanfaat bagi pembekalan mahasiswa KKN, pegiat masyarakat, dan semua pihak yang berminat berusaha serta memahami makna dan manfaat pertanian/ perternakan alami.

-Bisa berbelanja produk organik, seperti yogurt, cavier, roti, dan lainnya.foto 4 -Perlu melakukan reservasi terlebih dulu, terutama jika datang berombongan.

-Lokasi agak jauh dan menanjak, perlu kendaraan sehat yang bisa mencapai lokasi.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec