17
Dec-2015

Belajar Seni Tani Organik dari Bukit Imogiri (1)

Makanan memberi pengaruh yang dalam bagai tingkah laku manusia. Makanan yang dikonsumsi manusia, harus baik toyyib (baik), selain bagi kalangan Muslim harus halal.

Dua komponen tersebut, baik dan halal, harus dimulai dari awal bahan makanan berasal. Mulai dari proses menanam, memanen, mengolah, hingga mengkonsumsinya. Ini untuk bahan makanan yang dari alam. foto 9

Demikian pula, bahan makanan dari unggas dan hewan ternak. Pemeliharaan atas unggas dan hewan ternak harus benar, tanpa rekayasa genetika, dan tanpa obat-obatan kimia yang justru memperlemah unggas dan ternak. Ujung-ujungnya, akan mempengaruhi kehidupan pengkonsumsinya.

Semua ini bisa dipelajari dari Bumi Langit Institute,  lembaga milik Iskandar Woworuntu. Pengusaha pertanian organik ini membesarkan usahanya di Bali. foto 1Dengan market yang cukup bagus, pertanian organik berkembang seiring trend masyarakat global yang menginginkan makanan yang baik. Ini cenderung mengarah pada produk-produk pertanian organik.

Hal sama juga berlaku untuk bahan makanan dari unggas dan hewan ternak, yang dikembangkan secara wajar tanpa pengaruh bahan makanan kimiawi. Trend lain adalah perilaku manusia untuk menjadi vegetarian, mengkonsumsi makanan yang hanya dari tumbuh-tumbuhan yang juga harus alami, tanpa tersentuh pestisida maupun obat kimiawi lainnya.

foto 2Tahun 2006, tepatnya pascagempa, Iskandar Woworuntu yang merupakan keturunan Manado-Inggris ini pindah ke Imogiri, sembari mencari pencerahan hidup. Usaha pertanian organik Pupuan Organic Farm di Bali diserahkan kepada anaknya.

Tidak hanya itu, ia bersama istri dan anak-anaknya yang masih kecil ingin mengembangkan dan mengedukasi masyarakat luas soal makanan yang toyib dan halal. Tentu saja, ia langsung mempraktekkan sendiri, sebelum mengkampanyekan hal tersebut.

 

0

 likes / 4 Comments
Share this post:
  • sudah pernah kesana 2 kali, salut buat pak iskandar, semoga di berkahi,, aamiin

  • yuni Yuniati says:

    Kenapa saya menitikkan air mata saat membaca artikel ini ?
    Artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih

  • Terimakasih banyak WEB jalanjogja atas artikel yang sangat menarik ini, serta terimakasih sudah memberikan hiuburan bagi kami pecinta organik.

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec