15
Jun-2016

Berbagi antara Parang Endog dan Parang Tritis

Pantai Parangendog3

Berbagi. Kata ini barangkali sangat tepat bagi Anda yang kebetulan ingin menikmati pantai Selatan Bantul DIY. Pilihannya adalah, pagi di Parang Tritis, siang dan sore menjelang malam, datanglah ke Parang Endog.

Cukup banyak alasan mengapa Anda harus berbagi di kawasan pantai ini. Faktor jarak menjadi salah satu alasannya. Pantai Parang Endog, secara lokasi memang sangat dekat dengan Pantai Parang Tritis yang sudah jauh lebih dikenal wisatawan. Jika Anda sedang di Parang Tritis, maka cukup berjalan kaki ke arah timur melewati sejumlah kelokan batu karang, tibalah Anda di Pantai Parang Endog.
Pantai Parangendog3Alasan lainnya, Parang Endog memberi suguhan alam yang tak kalah indah dibandingkan Parang Tritis. Pantai yang secara geografis berada di Dusun Girijati, Purwosari Gunungkidul ini, menjadi satu dari sekian banyak deretan pantai menakjubkan yang disuguhkan Gunungkidul dengan lokasi paling dekat dari Parang Tritis.
Pantai ini relatif lebih sepi ketimbang Parang Tritis. Sehingga lebih alami karena masih minim polusi. Ombak cukup besar sebagai ciri khas pantai selatan, tapi relatif lebih landai dibandingkan Parang Tritis. Parang Endog juga punya banyak kelebihan lain. Tumpukan karang berukuran besar di sejumlah lokasi, menjadi daya tarik tersendiri. Demikian pula bentangan hijau bukit karang tinggi di bagian belakang dari bibir pantai. Dari puncak bukit karang yang dikenal dengan nama Tebing Watugupit inilah, mencurah air terjun yang berasal dari aliran sebuah sungai di Gunungkidul. Sayangnya, air terjun ini hanya bisa dinikmati saat musim penghujan saja.
Pantai Parangendog4Sebagai pantai yang terlindung oleh sejumlah batuan karang, Parang Endog juga cukup bersahabat dengan aktivitas ringan seperti melihat kerumunan ikan-ikan laut, ataupun para penggemar mancing. Anda juga bisa mendapati rumput laut, mencari kerang kerangan ataupun sekedar berfoto selfie dengan lebih banyak pilihan background.
Parang Endog sendiri, sesungguhnya tidak hanya cantik pantainya. Bila waktu cukup longgar, tidak ada salahnya Anda mencoba menjelajah kawasan ini dari jalur atas. Artinya, jangan habiskan waktu menikmati Parang Endog dari sisi pantai, tapi cobalah mencapai puncak bukit diatasnya. Tapi, untuk keatas bukit Anda harus kembali ke jalan raya dan mengarahkan kendaraan keatas bukit. Jarak yang ditempuh tidak jauh, tapi jalanan menanjak cukup tajam, sehingga kondisi kendaraan mesti dalam kondisi prima.Pantai Parangendog1
Di puncak bukit yang menjadi start para penggemar gantole dan paralayang ini, Anda akan leluasa memandang lautan dan perkampungan dibawah bukit serta garis pantai yang tanpa ujung. Juga deretan perbukitan seribu sejauh mata memandang serta titik-titik kecil manusia dan aktivitas keramaian di sepanjang pantai. Di kejauhan, muara Sungai Opak Oyo membentuk genangan yang luasnya tidak berarti dibandingkan lautan. Jika tidak sedang mendung, bergeraknya Sang Surya ke peraduan juga menjadi pemandangan luar biasa cantik membias di permukaan air laut.
Pantai Parangendog2Perpaduan aneka warna langit dengan warna jingga yang dominan adalah pemandangan yang selalu diburu di setiap senja. Utamanya saat week end. Inilah salah satu spot terbaik dan tempat berkumpulnya para pemburu sunset di Jogja.
Lokasi : Girijati, Purwosari, Gunungkidul. Persisnya sebelah Timur Pantai Parang Tritis.
Transportasi : Bisa menggunakan kendaraan umum dari Jogja menuju Parang Tritis. Dari terminal Parang Tritis ini, bisa naik ojek keatas bukit. Atau lebih direkomendasikan kalau membawa kendaraan sendiri supaya lebih leluasa.
Fasilitas : Terdapat warung ala kadarnya. Tidak perlu membayar tiket khusus, karena Anda cukup membayar sekali yakni saat masuk ke kawasan wisata Pantai Parangtritis. Biaya parkir juga cukup murah. Di dekat lokasi ini, juga terdapat Gua Langse,
Tips : Supaya tidak tersesat, lebih baik bertanya dulu kepada petugas rute ke bukit Parang Endog. Tanyakan secara jelas, supaya tidak keliru antara bukit Parang Endog dan Pantai Parang Endog. Di tempat ini, Anda bisa menikmati suasana senja sepuasnya sembari menunggu matahari terbenam. Tapi selepas itu, biasanya oleh warga disarankan untuk segera turun karena jalan turun akan sangat gelap saat malam tiba.

3

 likes / One comment
Share this post:
  • Refan says:

    Keren banget yaa kalo liat sunset di bukit parang endog tuh.. jadi kangen jogja nih ane

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec