SEARCH JALANJOGJA:
08
Jan-2013

Berburu Gula Semut di Kulonprogo

Belanja   /   Tags: ,
gula-semut-mbok-tani0

gula-semut-mbok-tani2Gula semut. Selama ini kita mengenal gula pasir dan gula jawa atau gula merah. Semuanya memang gula, yang diberi nama tambahan sesuai bentuknya. Yang putih seperti pasir disebut gula pasir, yang merah dinamai gula merah atau kalau di daerah Jawa Tengah dan Yogya dinamai gula jawa. Nah gula semut ini juga diberi nama sesuai bentuknya yang seperti hamparan rumah semut. Warnanya merah, terdiri dari butiran kecil seperti pasir, dan seperti halnya gula merah, dibuat dari nira pohon kelapa.

Salah satu pusat produksi gula semut di Yogya ada di kawasan Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Gula ini layak jadi oleh-oleh dari Yogya. Meski mungkin bisa ditemukan di sejumlah toko atau pasar, berburu gula semut di desa-desa yang memproduksinya adalah petualangan yang mengasyikkan.

gula-semut-mbok-tani3Hargotirto, pusat produksi gula semut ini adalah di perbukitan Menoreh di sebelah utara Kota Wates, ibukota Kabupaten Kulonprogo. Kawasan ini memiliki kemiringan rata-rata di atas 40 derajat, sehingga kendaraan yang kita pakai kesana harus disiapkan betul. Ban dan terutama rem sebaiknya dalam kondisi prima. Perjalanan bisa dimulai dari Kota Wates maupun Kecamatan Sentolo kalau dari arah kota Jogja, dan ada papan penunjuk jalan yang cukup untuk menuntun ke kawasan pegunungan ini.

Di Hargotirto, ada puluhan ribu batang pohon kelapa yang awalnya hanya dibuat gula merah. Ada 70 kelompok tani yang mengelolanya dan menjual gula merah dengan harga Rp5.000,00-Rp7.000,00. Nah, karena harga jualnya murah, warga dibimbing sejumlah lembaga kemudian mulai membuat gula semut. Lalu, dimana membeli gula semut? Tenang saja, di setiap kelompok tani itu ada tempat penjualan. Kalau mau langsung, bisa juga ke rumah-rumah. Tidak perlu bingung karena ada 1.600 rumah pembuat gula merah di kawasan ini. Cari salah satu pasti ketemu. Satu kilogram gula semut biasanya dijual seharga lima belas ribu rupiah.

gula-semut-mbok-tani4Kalau mau cari yang lain juga ada, yaitu susu kambing etawa. Hargotirto terkenal menjadi salah satu pusat peternakan kambing jenis ini. Selain bisa mengkonsumsi langsung susu kambing ini, bisa juga membelinya dalam bentuk karamel. Kalau pas lagi datang musim durian, kawasan ini juga menjanjikan petualangan berburu buah ini. Kalau masih di rumah-rumah penduduk, harganya ditanggung murah meriah. Jauh sekali dengan harga yang dipasang para penjual di tepi jalan.

Lokasi

Kawasan Hargotirto bisa ditelusuri setelah Anda mengunjungi lokasi wisata Waduk Sermo. Meski jalannya berliku dan menanjak, ada papan nama yang cukup jelas untuk sampai ke kawasan ini. Jika masih belum yakin, tanyakan saja pada warga yang ada di tepi jalan arah yang tepat. Jika Anda datang ketika musim hujan, ada baiknya sering menanyakan ke warga di perjalanan mengenai kondisi jalan yang akan dilewati. Kadangkala, ada tanah longsor yang membuat jalan tidak bisa dilewati. Informasi mengenai kondisi jalan ini lebih up to date di kalangan warga setempat, dari pada informasi dari Pemda atau instansi terkait, ataupun berita yang diperoleh lewat internet.

Transportasi

gula-semut-mbok-tani1Kendaraan pribadi jelas merupakan pilihan utama. Tidak bisa tidak, karena kawasan ini minim sarana transportasi umum. Bagi yang suka touring, sepeda motor tentu lebih menjanjikan petualangan. Bagi keluarga, mobil berkondisi prima jadi syarat yang tidak bisa ditawar. Perhatikan rem dan ban mobil sebelum menelusuri kawasan perbukitan ini. Isi penuh bensin sebelum keluar kota.

Suvenir

Oleh-oleh yang bisa dibawa dari kawasan ini tentu saja gula semut yang utama. Kualitasnya sudah teruji karena jadi produk ekspor. Selain itu, tentu saja buah-buahan segar sesuai musim seperti durian dan manggis Hargotirto yang cukup terkenal. Untuk penggemar berat pete, kawasan ini juga menjadi jaminan buah berbau khas ini, dengan harga murah meriah.

0

 likes / 3 Comments
Share this post:

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec