17
Apr-2015

Berburu Kopi di POP Hotel Gandekan

Ngopi, jadi aktivitas yang sulit ditinggal saat di Jogja. Terlebih di saat petang atau malam hari, di tengah kota Jogja

Nyruput kopi sembari memandang hilir mudik kendaraan, aktivitas warga ataupun wisatawan yang tengah menikmati Jogja dengan cara mereka, merupakan sesuatu yang nikmat. Terlebih bila ngopinya di salah satu pusat keramaian wisatawan di Jogja. Seperti di Malioboro dan sekitarnya. Interaksi sosial yang tersuguh seakan menjadi teman istimewa melewatkan senja dan malam bersama secangkir kopi.

“Sudah lama kita ingin membangun coffee shop. Karena tamu kita juga banyak yang menanyakan,” kata General Manager Pop Hotel Gandekan, Ita Tania.

Demi layanan ke tamu, Pop Hotel Gandekan akhirnya menggandeng Dicky’s Coffee, gerai kopi yang cukup ternama di Kota Gudeg. Per April 2015, coffee shop di sisi depan hotel inipun resmi beroperasi. Tak tanggung-tanggung, Dicky’s Coffee menggotong seluruh varian kopinya ke Pop Hotel.

Didik Siswoyo selaku owner mengaku, kopi dari Sabang sampai Merauke bisa dia sajikan ke tamu. Begitu pula cara mengolahnya, Didik siap dengan kopi yang diolah modern, ataupun kopi yang diolah dengan teknik dan alat tradisional.
“Saya sengaja mempertahankan cara tradisional dalam mengolah kopi. Karena ternyata banyak penikmat kopi yang ingin pengolahannya ala tradisional,” kata Didik yang sudah puluhan tahun malang melintang sebagai baresta di banyak tempat. Mulai perhotelan, hingga kapal pesiar.

Pengalamannya berkeliling dunia ini, juga mengilhami Didik menyiapkan gerai kopi yang unik. Bahan baku gerainya, sebagian besar memanfaatkan kayu limbah Jati Londo-yang biasa digunakan untuk kemasan kontainer. Gerainya di Jalan Tamansiswa Jogja maupun yang di Pop Hotel Gandekan, semuanya didesain memanfaatkan kayu limbah.
“Ilhamnya dari Texas. Hanya bedanya, mereka menggunakan kayu aseli, saya memanfaatkan kayu bekas. Tapi meski bekas, tetap artistik dan menarik dan western banget,” kata Didik tertawa.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec