14
Jul-2014

Berburu Takjil Legendaris di Pasar Ramadhan Kauman

pasar tiban kauman 6Diantara ratusan pasar Ramadhan yang tersebar di sekujur Jogja, ada satu pasar tiban legendaris yang selalu diburu tiap tahunnya: Pasar Ramadhan Kauman.

Terletak di gang sempit yang lebarnya tak sampai 2 meter, Pasar Kauman selalu ramai diserbu masyarakat dari berbagai penjuru. Sesuai namanya, Pasar Sore Ramadhan Kauman ini berada di Kampung Kauman, Jl. Ahmad Dahlan, sekitar 80 meter dari titik nol kilometer Jogjakarta. Sekilas, pasar tiban yang sudah ada semenjak tahun 1970-an ini tak berbeda dengan pasar tiban Ramadhan lainnya. Namun, jika menyusuri lorong sempit yang terletak di RW 10 hingga RW 13 Kauman ini, akan kita temukan aneka jajanan tradisional yang bakal susah dicari di tempat lain. Sebut saja: clorot, sarang gesing, kacang kumbon, lumpur, bubur saren, semar mendem, serabi kocor, dan kipo. Menu makanan berat yang dijajakan juga tak kalah sangar. Misalnya pecel cap jay, kudapan adaptasi Cap Cay ala Jawa yang disiram bumbu pecel. Bagi yang suka perpepesan, aneka pepes istimewa, dari pepes tahu, tuna, teri, cumi hingga pepes hiu dijajakan dengan harga sekitar Rp 1.500 sampai Rp 3.500. Untuk yang mencari jajanan “biasa-biasa” saja, jajanan mainstream buka puasa macam kolak, es buah, dan aneka kue basah juga ada.

pasar tiban kauman 5

Kicak, Jajanan Khas Pasar Ramadhan Kauman

Diantara jajanan yang dijual di sepanjang lorong Pasar Ramadhan Kauman ada satu panganan yang cuma dijual saat Ramadhan dan menjadi ikon khas Pasar Kauman yaitu Kicak. Panganan ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus, gula, parutan kelapa, nangka, pandan dan vanili. Bahan–bahan ini kemudian dicampur menjadi satu dan dikukus dengan kayu bakar. Dulunya ketan masih ditumbuk dengan alu sehingga proses pembuatannya lama. Namun sekarang, setelah muncul jaddah, tidak perlu lagi untuk menumbuk ketan.
Untuk menambah rasa nikmat, kicak pun dibungkus dengan daun pisang. Daun pisang juga berfungsi agar kicak tidak mudah bau. Rasanya, gurih-gurih manis dan kenyal. Rasa manis dan mengenyangkan ini cocok untuk mengganti energi setelah seharian berpuasa.

Ada banyak penjual Kicak di pasar ini dan Kicak pula yang pertama kali mereka tawarkan kepada pengunjung yang lewat. Kicak dijual dengan harga Rp. 2.000-2.500 setiap satu porsi kecil.Sebagai makanan asli kreasi warga Kauman, Kicak banyak diburu dan dijadikan buah tangan sepulangnya dari pasar sore tersebut. Beberapa warga beranggapan jika belum membeli atau menikmati Kicak, maka belum lengkap rasanya dikatakan berkunjung ke Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman.

pasar tiban kauman 1

Lokasi
Kampung Kauman RW 10 – RW 13, Jl. Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Tips
Sebelum membeli, ada baiknya menyusuri dulu lorong Pasar Ramadhan Kauman sampai habis untuk membandingkan harga. Karena bisa jadi, barang yang sama akan dijual dengan harga berbeda antara penjual satu dengan yang lain. Memang selisihnya tak bakal lebih dari Rp 500- Rp 1.000. Tapi lumayan, selisih itu bisa kita masukkan ke kotak amal di Masjid Gedhe Kauman tak jauh dari situ.

Untuk makanan berat macam ayam ungkep dan ikan-ikan besar, harganya sedikit lebih mahal dari tempat lain. Tapi untuk menu dan harga makanan tradisionalnya, hampir tak ada lawan.

pasar tiban kauman 3

0

 likes / 3 Comments
Share this post:
  • miftah farid says:

    Blognya bagus banget kak ^^
    Selamat pagi kakak. smile emoticon maaf numpang promosi ya. ^^
    Bulan puasa sudah semakin dekat. Tapi aktivitas makin padet aja? Padahal dapet jadwal bikin takjil untuk masjid. Yuk cek paket paket hemat kami di link kami http://www.bumentik.com. Banyak pilihan aneka macam nasi box murmer untuk berbuka puasa smile emoticon

  • Bastian says:

    hmm berarti pasar kauman ini hanya ada di bulan ramadhan ya? kalau di luar bulan ramadhan ingin membeli jajanan pasar itu, sebaiknya cari kemana ya?

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec