23
Oct-2015

Beri Kesempatan Orang Lain Berkembang, Stop Masa Bodoh

sudah edit DSCN8571

Hakikat setiap manusia diciptakan sederajat dan semartabat. Dan manusia punya hak untuk tumbuh serta berkembang.

 

Bukan hanya tumbuh dan berkembang, setiap manusia juga memiliki bagian sudah edit DSCN8577dalam memajukan dunia ini sehingga tercapailah kesejahteraan. Akan tetapi pada kenyataannya masih banyak manusia yang tidak mendapatkan haknya untuk tumbuh dan berkembang. Terutama mereka adalah orang-orang kecil, orang sakit, lemah dan disabilitas sehingga mereka tersisih. Dan melihat kondisi seperti itu masih saja ada orang yang bersikap tak peduli.

Ketidakpedulian atau masa bodoh bahkan seringkali bercokol dalam diri kita. Dalam diri kita ( manusia), kadangkala juga tak memiliki komitmen untuk mengangkat orang-orang kecil dari keterpurukan. Dan mereka pun tetap tersisih.

sudah edit DSCN8572Kritik ketidakpedulian tersebut disampaikan Tondo Suryaning Bawono dalam pameran tunggalnya di Bentara Budaya Yogyakarta, bertajuk “Stop Masa Bodoh”. Dalam karyanya yang sebagian besar merupakan seni drawing hitam putih dengan teknik kerik dan beberapa skesta dengan arang, tinta dan cat air, pria yang akrab dipanggil Wonny ini, ingin mengajak masyarakat untuk merefleksikan bahwa perasaan iba terhadap mereka tidak perlu dibuang atau ditolak. Karena perasaan iba tersebut dapat diolah untuk sesuatu yang postif serta memberdayakan.

Wonny sengaja menampilkan karya drawing hitam putih guna menegaskan makna kemanusiaan, suasana muram dan mendalam. Dengan teknik hitam putih, Wonny juga ingin menyoroti dunia orang-orang kecil yang gelap dan muram tersebut dengan cahaya warna putih yang menyimbolkan kasih serta ketulusan.

Menurut Wonny, yang dimaksud sikap masa bodoh ini adalah memutuskan dan sudah edit DSCN8575melakukan tindakan particular tanpa berfikir secara global. Dan sikap masa bodoh ini seringkali semakin melukai orang kecil sehingga semakin menderita. Oleh karenanya, melalui goresan ini, Wonny mengingatkan dan berharap sikap masa bodoh harus dihapuskan dalam diri manusia.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec