Museum Affandi 1Setiap kali melintasi jembatan di atas Sungai Gajah Wong, di perbatasan Kota Yogyakarta ke arah timur, di sebelah kiri ada bangunan yang unik berdiri megah.

Mirip puri negeri dongeng beratap hitam di pinggir sungai, itulah ‘istana’ yang dibangun untuk menghormati sang Maestro Lukisan Indonesia, Affandi. Bangunan ini lebih dikenal sebagai Museum Affandi, di mana lebih dari 300 lukisan hasil karya pelukis legendaris Indonesia, Affandi Museum Affandi 2masih utuh tersimpan.

Di kompleks museum ini, ada 3 bangunan galeri. Galeri pertama berdiri tahun 1962. Berikutnya, ada satu bangunan untuk galeri ke empat yang dibangun.

Museum ini seperti potret keseharian dari Affandi. Memang, di sini berisi seluruh karya-karya sang maestro Affandi semasa hidupnya, karya-karya para pelukis lain, alat transportasi yang dipakainya dahulu, rumah yang ditinggalinya, hingga sebuah sanggar yang saat ini dipakai untuk membina bakat melukis anak. Kompleks museum terbagi menjadi empat buah galeri dengan isi dan penataan yang memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda.

Museum Affandi 6– Galeri I

Di galeri ini, pengunjung dapat membeli tiket dan menjumpai pusat informasi. Mulai dari awal hingga akhir karirnya tergambarkan pada karya-karya yang dipamerkan pada galeri tersebut. Pada galeri ini juga terdapat beberapa benda yang berhubungan dengan perjalanan hidup Affandi. Seperti mobil sedan Mitsubishi Gallant tahun 1975, sepeda Reliegh tahun 1975, sandal jepit, kuas, ember, kain, sarung bermotif kotak-kotak, kliping berita koran, dan foto-foto kenangan Affandi, termasuk pipa cangklong kesayangannya.

Selain itu, beberapa piagam penghargaan yang pernah diterima Affandi semasa hidupnya dan koleksi perangko PT. POS Indonesia seri gambar Affandi tahun 1997 juga turut dipamerkan.

– Galeri II

Galeri ini sebenarnya dikhususkan untuk memamerkan lukisan-lukisan karya Kartika Affandi. Namun, dalam perkembangannya, galeri ini digunakan sebagai ruang pamer koleksi lukisan museum dari beberapa pelukis kondang. Seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Hendra, Rusli, Fajar Sidik, S. Sujoyono, Barli, Wahdi S, Bagong Kusudiarjo, Mochtar Apin, dan pelukis lainnya. Galeri ini mempunyai 2 lantai. Lantai pertama berisi lukisan-lukisan bersifat abstrak. Sedangkan lantai kedua didominasi lukisan bercorak realis.Museum Affandi 5

– Galeri III

Galeri III selesai dibangun tahun 1997. Saat ini terpajang lukisan-lukisan terbaru Kartika Affandi yang dibuat pada tahun 1999. Lukisan itu antara lain “Apa yang Harus Kuperbuat” (Januari 99), “Apa Salahku? Mengapa ini Harus Terjadi” (Februari 99), “Tidak Adil” (Juni 99), “Kembali Pada Realita Kehidupan, Semuanya Kuserahkan KepadaNya” (Juli 99), dan lain-lain.

Di tempat ini, juga dipamerkan pula lukisan Rukmini Yusuf dan Juki Affandi, dan lukisan sulaman dari kain wol karya Maryati, istri Affandi.

Lantai kedua galeri ini digunakan sebagai ruang perawatan lukisan. Sedangkan di lantai dasar difungsikan ruang penyimpanan koleksi.

– Galeri IVMuseum Affandi 7

Galeri IV ini adalah ruang pamer berbagai lukisan karya Didit, cucu Affandi. Galeri ini terlihat menarik dengan langit-langitnya yang terbuat dari anyaman bambu.

Di luar gedung galeri pertama di sisi Utara, ada  ‘rumah abadi’ sang maestro yang bersisian dengan sang istri, yang cukup sederhana dan dikelilingi tanaman berbunga.

Dekat galeri kedua dan ketiga, ada sanggar tempat anak-anak belajar melukis. Depan galeri kedua, ada mushola berbentuk gerobak. Tidak ketinggalan, sebuah cafe loteng disediakan bagi pengunjung yang ingin beristirahat sejenak setelah lelah berkeliling. Yang membanggakan dari museum ini, selain lengkap dengan koleksi sang maestro lukis kotemporer yang terkenal di dunia, Museum Affandi merupakan salah satu museum lukis di dunia dengan tempat penyimpanan terbaik.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec