23
May-2016

Brongkos Karnivora Bu Padmo

Kuliner   /   Tags: , ,

brongkos0Brongkos, bagi yang belum tahu, adalah sayur berkuah coklat pekat. Serupa rawon tetapi memakai santan. Warna coklat pekat itu diperoleh karena penggunaan rempah lokal bernama kluwak. Rempah ini memberi sensasi berat yang gurih nikmat, dan rasanya akan tertinggal di lidah meski setelah beberapa waktu. Di tempat lain, rempah ini kadang disebut dengan kluwek atau keluwak (Jawa), picung (Sunda), pucung (betawi), pangi (di Bugis atau Bali), kapayang (di Minangkabau), kayu tuba buah (di Lampung), dan panarassan (Toraja).

Ada banyak versi brongkos ini. Versi ‘vegetarian’ hanya berisi potongan tahu dan kacang tholo. Tetapi ada pula yang khusus berisi daging sapi, atau brongkos3kombinasi daging dan tahu serta tholo bagi Anda yang doyan daging. Nah, ada satu warung brongkos yang boleh jadi salah satu paling populer di Jogja, yaitu Warung Brongkos Bu Padmo. Lokasinya di Tempel, tak jauh dari jembatan Kali Krasak di perbatasan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Brongkos di warung ini adalah versi karnifora, alias menu dasarnya berisi daging sapi saja. Tapi, Anda boleh menambah isinya dengan varian apapun yang tersedia di meja, mulai dari tahu, tholo, krecek hingga telor. Namun, bagi Anda yang belum pernah menyantap brongkos sebelumnya, rekomendasi terbaik adalah merasakan versi asli brongkos ini yang hanya berisi daging. Tambahan varian mungkin akan mengaburkan rasa asli brongkos Bu Padmo ini, dan bisa jadi persepsi Anda tentang rasa khas brongkos akan berbeda. Bagi Anda yang sudah merasakan rasa aslinya, tidak ada salahnya untuk menambah varian-varian itu.

Brongkos Bu Padmo sendiri sudah berdiri sejak tahun 1950-an. Menurut cerita, warung yanbrongkos1g berada di pasar Tempel ini dibuka Bu Padmo untuk melayani para penambang pasir dan komunitas pasar, baik pedagang maupun mereka yang berbelanja. Kebetulan di sisi barat pasar ini memang ada Kali Krasak yang berhulu di Gunung Merapi dan menjadi salah satu pusat penambangan pasir, bahkan hingga saat ini.

Karena itu, sejak berdiri hingga akhir tahun 2012 lalu, warung brongkos Bu Padmo memakai satu kios kecil di pinggiran pasar. Karena problem parkir, seiring ramainya penikmat brongkos dan pasar Tempel yang terus mekar, maka awal 2013 warung Bu Padmo pindah ke arah timur dari warung yang lama. Suasana warung di lokasi baru ini lebih lapang dan bersih, dan tentu saja punya lahan parkir lebih. Sayangnya, karena agak jauh dari pasar, kita kehilangan nuansa tengah pasar yang bisa kita peroleh ketika makan di warung yang lama.

Warung Brongkos Bu Padmo juga membuka cabang di Jalan Jogja-Magelang sebelum wilayah Tempel jika dari arah Jogja, dan ada di selatan/kiri jalan. Selain itu di kawasan timur Tempel ini juga ada beberapa warung lain, yang berbeda dengan warung Bu Pbrongkos2admo.

Lokasi

Warung Brongkos Bu Padmo dulu dikenal ada di bawah jembatan Kali Krasak, di Pasar Tempel, Sleman. Tetapi mulai 2013, sudah pindah ke lokasi baru, sekitar 500 meter di sebelah timur laut warung lama. Untuk mencapainya, bagi Anda yang datang dari arah Jogja bisa lurus ke arah Magelang, hingga melewati jembatan Kali Krasak. Tepat setelah jembatan, ada gapura selamat datang Provinsi Jawa Tengah. Anda bisa memutar balik disini dan kembali ke arah Jogja. Setelah menyeberang jembatan kembali (ke arah timur) akan ditemui jalan ke arah kiri/utara, yang disebut sebagai Jalan Turi. Ikuti saja jalan ini sekitar 300 meter ke arah utara. Atau jika Anda sudah hafal dengan lokasi warung lama yang ada di bawah jembatan, lurus saja ke arah timur dari warung lama dan kemudian belok kiri ke arah utara. Sedang dari arah Magelang/Borobudur, Anda tinggal belok kiri setelah menyeberangi jembatan Kali Krasak.

Tips
Datanglah sepagi mungkin, karena warung ini buka pukul 08.00-17.00 atau jika sudah habis. Semakin pagi, menu yang tersedia makin lengkap. Untuk menikmati menu yang ada, termasuk minum dan mungkin camilan, satu orang menghabiskan sekitar Rp. 30 ribu.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec