Candi Gebang, adalah candi mungil ditengah keramaian kota. Lokasinya persis di belakang kompleks Perumahan Candi Gebang, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta

Jika Anda ada waktu dan ingin ke Candi Gebang, janganlah membayangkan akan melihat candi yang cukup megah, layaknya Prambanan dan Borobudur. Bahkan Candi Gebang, secara phisik masih kalah jauh dibandingkan Candi Kalasan. Ukurannya hanya 5,25 m x 5,25 m. Tinggi candi ini hanya 8 meter. Lebih kecil dibandingkan rumah tipe 36 bukan?

Meski bangunan nya sangatlah kecil, Candi Gebang berada di tengah areal yang cukup lapang. Candi Gebang berikut pelatarannya, sangat rapi dan terawat. Rumput-rumput terpotong dengan rapi, bunga-bunga juga tumbuh hijau. Sementara di sekeliling bagian luar, pepohonan masih cukup rimbun. Hal ini membuat suasana di sekitar Candi Gebang cukup nyaman, terlebih saat sore dan pagi hari. Duduk di sekitaran pelataran, membuat fresh dan relaks. Anda tinggal memilih tempat duduk yang banyak tersedia, baik yang terbuat dari tembok semen ataupun kayu.
Candi GebangCandi Gebang merupakan candi bercorak Hindu. Bangunan ini hanya terdiri dari satu buah candi utama. Candi Gebang menghadap ke arah timur dengan pintu masuk yang tidak memiliki tangga. Di dalam bangunan candi terdapat sebuah yoni yang biasanya memang menjadi ciri-ciri candi bercorak Hindu.
Di sisi kanan pintu masuk candi terdapat arca Nandiswara. Konon Nandiswara adalah dewa penjaga arah mata angin. Biasanya arca Nandiswara sering dijumpai bersama dengan arca Mahakala. Sayangnya arca Mahakala yang berada di sisi kiri pintu masuk sudah tidak ada semenjak ditemukan. Mungkin arca ini hilang, rusak, ataupun sudah hancur.

Candi GebangSedangkan di sisi barat terdapat sebuah arca Ganesha dalam posisi duduk. Ganesha sendiri dikenal sebagai dewa penghilang segala marabahaya. Arca Ganesha duduk di atas sebuah yoni dengan belalai mengarah ke utara. Di bagian puncak, terdapat lingga.
Menurut sejarahnya, Candi Gebang ditemukan pada bulan November 1936 di tengah area persawahan, ketika seorang penduduk sedang mencangkul tanah untuk mencari batu. Ketika dilakukan penggalian, candi ini ditemukan dalam keadaan runtuh, dan diduga tertimbun material lahar Gunung Merapi. Candi ini kemudian dipugar oleh Prof. Dr. Ir. Van Romondt pada tahun 1937-1939, dan menghasilkan bentuk candi yang kita lihat sekarang.
Candi ini diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-8 M pada saat wangsa Sanjaya berkuasa pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Bahan dasar yang digunakan untuk pembangunan candi adalah batu andesit. Tubuh candi berdiri di atas kaki setinggi sekitar 2 m. Tidak terdapat pahatan apapun pada bagian kaki candi.Candi Gebang

Sejauh ini, Candi Gebang, belum banyak dikenal umum. Bahkan untuk menuju lokasi pun, tidak sembarang orang bisa menunjukkan. Hanya warga di sekitar Condongcatur yang bisa menunjukkan arah pasti bagi wisatawan. Candi Gebang bagi warga Jogja kebanyakan, lebih dikenal sebagai sebutan untuk kompleks perumahan dan bukan nama candi. Tapi tidak perlu khawatir, nama perumahan inipun akan membawa Anda menuju ke lokasi candi yang dituju.

LOKASI : Dusun Gebang, Kelurahan Widomartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu Candi di Yogyakarta yang tidak terlalu terkenal adalah Candi Gebang, terletak di Desa Gebang, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Untuk mencapai lokasi tidak terlalu sulit karena letaknya masih berada di dekat komplek perumahan Desa Gebang, dan tidak terlalu jauh dari Condong Catur Sleman. Dari Pasar Condong Catur ikuti jalan Nusa Indah (kearah utara). Sampai Jalan Candi Gebang, tepatnya sampai ada penunjuk jalan menuju ke komplek Candi. karena letaknya tidak terlalu jauh dari penunjuk arah tadi. Lokasi ini hanya sekitar 3 kilometer dari kampus UGM.Candi Gebang 3

KOORDINAT: 7°45′05″LS 110°24′58″BT

TIKET : Rp 2000 untuk dewasa dan Rp 1000 untuk anak-anak.
POTENSI : Candi Gebang dekat dengan Embung Tambakboyo, Stadion Maguwoharjo Sleman.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec