07
Dec-2015

Cicipi Kupat Tahu Muntilan

Kuliner   /   Tags: ,

Kupat TahuMelintas Kota Muntilan, ada alternatif kuliner yang bisa dipilih. Kupat Tahu, salah satunya. Kuliner yang identik dengan Kota Magelang ini, tidak hanya bisa ditemui di beberapa lokasi di Blabak dan Alun-Alun Kota Magelang. Di luar Magelang, Kupat Tahu juga mudah ditemukan. Di Jakarta, Bandung, Jogja, semuanya dengan memakai brand Kupat Tahu Magelang. Kupat, bahasa Jawa dari kata Ketupat dan campuran Tahu yang wajib hadir untuk menggenapi nama Kupat Tahu.

Di Muntilan, satu yang begitu terkenal adalah Kupat Tahu malam hari di Kawasan Sayangan, Timur Klenteng Hok An Kiong atau sering disebut Klenteng Muntilan. Atau jika Anda ingin bersantap di siang hari, datanglah ke warung Kupat Tahu Pak Manthok di Jalan Raya Talun persisnya di depan SMK Sanjaya.

Kupat TahuHal yang menarik, sembari berburu kupat tahu di Muntilan, Anda juga bisa berwisata sejarah religius. Tiga agama yang cukup kuat yakni Islam, Katholik serta Tao dan Budha mempengaruhi budaya Masyarakat Muntilan. Sehingga di kecamatan ini sekaligus bisa ditemui Pondok Pesantren Gunungpring, Makam Romo Sanjoyo di Kerkop Muntilan dan Gereja Pasturan, Klenteng Hok An Kiong ini.

Kembali ke urusan kuliner, kupat tahu-tak terkecuali milik Pak Manthok, secara umum mengedepankan rasa pedas, manis, dengan bahan campuran sayur dan tauge yang masih mentah.

Satu porsi berisi kupat, tahu, bakwan yang dilengkapi sayuran. Seperti, kol, tauge, daun bawang, daun seledri, kemudian ditaburi bawang goreng. Untuk lebih menginginkan pedas yang lebih, bisa request kepada penjualnya. Penjual akan menambah kerupuk untuk melengkapi porsi Kupat Tahu yang diinginkan.

Kupat TahuKupat Tahu Pak Manthok yang ada di Depan Masjid Barisan Candimulyo Magelang. Bersama adik-adiknya, Pak Man-biasa Manthok disapa, membuka tiga tempat lainnya. Yaitu, Jalan Tanjung Kalinegoro, Jalan Raya Kopeng, Timur Pasar Baru Regalrejo dan yang ada di Muntilan ini yang hadir pascahujan pasir dari letusan Merapi, beberapa tahun silam.

Lokasi

Di Jalan Talun (Depan SMK Sanjaya Muntilan atau 300 meter dari Klenteng Muntilan arah Utara. Untuk mencapai ke tempat ini, harus mencari Kota Muntilan, sebuah kecamatan di Kabupaten Magelang, yang terletak 15 Kilometer dari Kota Magelang atau 25 Kilometer dari Yogyakarta.

Jam Buka

Mulai Pukul 09.00 – 18.00

Harga

Kupat TahuKupat Tahu : Rp 5.000,-
Es Teh : Rp 2.000,-
Es Jeruk : Rp 2.000,-
Teh Manis : Rp 2.000,-
Jeruk Panas : Rp 2.000,-

Catatan:
Biasanya ditawari oleh penjual, untuk memilih pedas atau tidak. Lebih baik meminta jumlah cabai yang diinginkan agar sesuai dengan lidah.

2

 likes / 4 Comments
Share this post:
  • Sang Mantan says:

    Pernah cicipi Tahu Kupat khas Jogja? kalau belum pernah nyoba di Klaten justru ada… Warung Tahu Kupat jogja beralamat di timur Stasiun Klaten, seberangan dg Pengadilan Agama. Rasane beda dengan tahu kupat Magelang atau tahu kupat Solo… Lebih Enak dan Segar…. enggak neg gitu…. Murah pisan, cuma Rp.6.000,-

  • itok says:

    kalo di KOTA SEMARANG coba dech tahu kupat ini.. TAHU KUPAT TEMANGGUNG PAK HADI.. menu TAHU KUPAT, ADA GIMBAL, TELOR, juga bisa KOMPLIT tergantung pilihan selera yang mengakomodir lidah SEMARANG dan KLATEN dengan GIMBAL, KUPAT TAHU untuk TEMANGGUNG dan MAGELANG.. dan TELOR selera semua daerah.. tempatnya di depan PEGADAIAN MRICAN jalan TENTARA PELAJAR (dekat eks.PASAR KAMBING, JAVA SUPERMALL dan BEST WESTERN STAR HOTEL SEMARANG).. buka jam 5 SORE sampe jam 11 MALAM.. untuk yang suka pedas bisa pesan sesuai selera.. mak NYUZZ dech.. selamat mencoba dan menikmati kelezatannya..

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec