26
May-2015

Dalam Kehalusan Balutan Batik Giriloyo

Belanja   /   Tags: , ,

batik-giriloyo-4

Batik tulis Giriloyo menggeliat. Berani bersaing merambah ibu kota.

Di balik bebukitan yang teduh dan jauh dari hingar bingar kota ternyata Giriloyo menyimpan kekayaan kerajinan tangan luar biasa. Batik Giriloyo yang dilestarikan secara turun temurun kini menjadi salah satu bagian dari daerah batik di Indonesia yang paling dicari pencinta batik. Bukan hanya karena kehalusan pekerjaannya tetapi juga Batik Giriloyo sangat mempertahankan batik motif tradisional seperti Sidomukti, Wahyutumurun, atau Sidoasih.

Jauh sebelumnya bahkan secara pewarnaan Batik Giriloyo “hanya” mengenal sogan batik-giriloyo-2(menjadi warna kecokelatan) dan wedel (biru kehitaman). Dua warna inilah yang paling sering digunakan para pembatik di sana karena yang dianggap paling akrab dipakai. Apa pun motif batiknya, kedua warna itu menjadi hasil akhir produk kain batik Giriloyo.

Kini Giriloyo sudah berbenah. Salah satu dari sekian banyak kelompok pembatik adalah kelompok batik tulis Berkah Lestari. Kelompok ini sekarang sudah mulai memodifikasi produknya dengan berbagai macam motif termasuk motif kontemporer. Seperti yang sudah mulai diproduksi motif Pesley. Bahkan para pembatik siap dengan motif sesuai permintaan konsumen. Ada dari sejumlah instansi dan sekolah yang memesan sesuai dengan kekhasannya. Seperti dari sekolah teknik kelistrikan yang dibuatkan batik dengan mengambil ornamen instalasi listrik. Selain berproduksi batik untuk jarik (kain panjang) dan kebutuhan fashion (pakaian), Giriloyo juga membuat batik untuk media lainnya seperti untuk kayu (topeng kayu) dan kulit (hiasan dinding).

batik-giriloyo-1Khas Batik Giriloyo adalah pewarnaan alaminya. Warna alam datang dari kulit kayu Mahoni (untuk mendapatkan warna merah bata atau cokelat tua), kulit buah Joholawe (untuk warna kuning kehijauan, abu-abu, dan hitam), kayu secang (warna merah), tanaman perdu Indigo (untuk warna wede, hitam, tapi belakangan hasilnya menjadi biru), kulit buah Rambutan (warna cokelat), kayu Tegeran (warna kuning), dan bunga Srigading (warna kuning). Warna-warna alami ini diolah sedemikian rupa tergantung fiksasi warna yang diinginkan.

Alamat

Kelompok Batik Tulis Berkah Lestari
Karangkulon RT 02 RW 16 Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul
Yogyakarta 55782

Contact Person

Nani: 081915522076
Erni: 081328174522batik-giriloyo-0

Transportasi

Minibus jurusan Jogja-Imogiri turun di terminal kecil dekat Kompleks Makam Imogiri. Selepas itu Anda harus naik ojek menuju lokasi. Jika memakai kendaraan pribadi bisa melalui jalan menuju Kompleks Makam Imogiri dari sisi barat. Atau dari arah Yogyakarta setelah jembatan Karangsemut Kali Opak Anda bisa belok kiri pas plang papan nama Makam Sultan Cirebon. Susurilah jalan itu menuju lokasi. Jika kebingungan, Anda bisa bertanya warga sekitar di daerah itu karena nama Batik Giriloyo sudah sangat akrab di telinga.

batik-giriloyo-3Harga

Mulai dari Rp 150.000,- sampai lebih dari Rp 1,5 juta. Harga ini sangat bergantung dengan 3 hal dalam proses pembatikan: halus, sedang, dan kasar. Termasuk tebal tipis pencantingan dan kerapian.

Penting diketahui:
Anda juga bisa datang berombongan dan minta semacam kursus kecil membatik di sini. Syaratnya hanya membuat janji terlebih dahulu.

0

 likes / 6 Comments
Share this post:
  • nuryanto hari murti says:

    tetap semngat, semoga sukses selalu batik berkah lestari

  • Chrisna wijaya says:

    bagus dan mengagumkan, kira2 berapa biaya kursus membatik perorangnya, saya akan tawarkan ke tawarkan ke klien saya untuk tour ke jogja, sekiranya bisa bekerja sama.
    makasih

  • erni says:

    monggo2 berkunjung ke batik berkah lestari, belanja batik sambil belajar batik…

  • Mirza says:

    Nice Web..
    Salam Budaya…

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec