22
Oct-2015

Dinas Kebudayaan Pentaskan Rebutan Cupu Manik Hasthagina

Sebuah petunjukkan akbar kolaborasi tari dan drama akan dipentaskan Dinas Kebudayaan DIY dalam pentas teater kolosal, Rebutan Cupu Manik Hasthagina.

 

Pementasan Teater kolosal “Rebutan Cupu Manik Hasthagina” yang akan dipentaskan tanggal 24 Oktober 2015, bertempat di Alun-alun Paseban Bantul, bukan hanya sekadar memberi hiburan bagi masyarakat namun juga mengingatkan agar kita tidak terjebak dalam lingkaran perebutan kekuasaan.

Selain mengingatkan agar tidak terjerumus dalam perebutan kekuasaan, pentas teater kolosal yang akan mengangkat kisah Subali-Sugriwa dan Anjani dalam cerita Ramayana ini, juga mengandung pesan perjuangan manusia dalam menghadapi berbagai godaan dan persoalan hidup manusia.

Menurut Kepala Seksi Rekayasa Budaya Dinas Kebudayaan Yogyakarta, Agus Amarullah, dalam pertunjukan yang melibatkan sekitar 250 penari dan teaterwan juga akan mengajak masyarakat untuk meresapi ajaran atau nilai luhur yang telah luntur sehingga manusia sekarang kehilangan jati dirinya. Melalui teater kolosal “Rebutan Cupu Manik Hasthagina” ini  ada tontonan, tuntunan, dan tantangan.

Agus menambahkan, diangkatnya cerita Rebutan Cupu Manik Hasthagina dilandasi permasalahan kondisi bangsa sekarang ini yang didera berbagai macam persoalan sosial. Seperti masalah ekonomi, politik, keamanan, krisis kemanusiaan, krisis kepemimpinan hingga krisis kepercayaan diri. Dengan pementasan Rebutan Cupu Manik Hastaghina ini juga akan menyadarkan manusia bahwa kekuasaan akan menjerumuskan kita pada keterpurukan bahkan kehilangan kepribadian.

Penampilan atau pementasan yang nantinya dikemas dalam nuansa humor ini akan dilengkapi dengan tiga buah panggung berukuran besar dengan latar bekalang Candi Borobudur. Cerita serta adegan pun nantinya sarat makna dengan sejuta hikmah di dalamnya.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec