17
Jul-2013

Dispar Imbau Usaha Kepariwisataan Hormati Ramadhan

Pelaku usaha kepariwisataan, baik yang bergerak di bidang jasa kuliner, rekreasi, serta hiburan malam mendukung dan menghormati bulan puasa. Langkah ini seiring dengan imbauan Dinas Pariwisata (Dispar) Yogyakarta.

Kepala Dispar Yogyakarta  Tazbir Abdullah menegaskan, pihaknya selalu mengingatkan setiap tahun, agar semua pelaku usaha pariwisata, khususnya kuliner menjaga kekhusyukan bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

“Kami tahu, semua pelaku usaha sudah menyesuaikan hal itu,” tegas Tazbir.

Langkah menghormati bulan puasa, lanjut Tazbir, bisa dilakukan dengan memasang korden bagi warung penjaja makanan yang membuka usaha di siang hari.

“Alhamdulillah, sudah dilakukan seluruh penjaja makanan secara otomatis tanpa diingatkan. Bahkan sebagian yang biasa buka tenda di Malioboro memutuskan buka setelah jam 16.00,” katanya.

Menurut Tazbir, semua itu sesuai Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No. PM 91/HK.501/MKP/2010 yang isinya adalah agar saling hormat menghormati atau bertoleransi antara pemeluk agama yang satu dengan lainnya, khususnya bagi umat Islam yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa.

Senada, Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) Deddy Pranowo Eryono melihat pelaku pariwisata menyadari, saling pengertian dan saling menghormati menjadi kunci kenyamanan dan keamanan wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

“Artinya, kedatangan wisatawan tetap terjaga asal ada kenyamanan dan keamanan. Untuk mempertahankan dua hal itu, pelaku pariwisata harus mempunyai formula yang mendukungnya. Maka, saling mengerti dan menghormati harus dipegang,” tegas General Manager Hotel Ruba Grha ini.

Pria yang juga aktif di Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DIY dan Keluarga Public Relations (Kapurel) Jogja ini berharap jumlah kunjungan wisatawan tetap tinggi di Ramadhan ini. “Demikian juga untuk Lebaran nanti, pelaku harus bersiap untuk kedatangan tamu domestik yang akan membanjiri Yogyakarta,” katanya.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec