30
May-2015

Eksotisme Petang Waduk Sermo

Wisata   /   Tags: , ,

Waduk Sermo 9Saat sedang berada di wilayah Kulonprogo, Waduk Sermo layak menjadi bagian dari perjalanan wisata Anda. Cukup beralasan, karena Sermo adalah satu-satunya waduk yang saat ini dimiliki DIY. Lokasinya cukup menjanjikan pengalaman bagi yang datang. Berlokasi ditengah-tengah bentangan perbukitan menoreh, menjadikan perjalanan menuju Waduk Sermo sangat mengasyikkan.

Bentangan Waduk Sermo sangat luas. Genangan airnya saja lebih dari 157 hektar, aliran dari Sungai Ngrancah yang membelah perbukitan Menoreh. Waduk ini mampu menampung air hingga 25 juta meter kubik. Bagian terdalam dari waduk, menurut petugas setempat mencapai lebih dari 60 meter. Pengunjung, dapat melihat secara detail setiap jengkal waduk ini karena ada akses berupa jalan beraspal yang cukup lebar sepanjang 21 Km mengelilingi waduk yang dibangun dengan dana Rp 22 miliar tahun tahun 1994 silam.

Waduk Sermo 10Bila kurang puas menikmati dari tepian, Anda juga bisa menyewa perahu yang dikelola oleh warga setempat untuk berkeliling waduk. Harga sewanya cukup murah hanya Rp 100.000,- untuk minimal 5 orang dan maksimal 10 orang. Untuk berkeliling menggunakan perahu, membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Jadi, kalau Anda memutuskan berkeliling waduk dengan perahu mendekati saat makan, alangkah baiknya memesan makanan dulu di warung-warung yang banyak terdapat di dermaga sebelum berangkat. Sehingga saat mendarat, makanan hangat beserta minuman pelepas dahaga sudah menanti.

Meski berada di kepungan perbukitan berhutan, saat bersama keluarga atau berombongan lebih disarankan berkunjung ke Sermo saat sore hari, untuk menghindari sengatan terik matahari. Selain itu, sudah sampai di Sermo, sangat sayang bila tidak menikmati semburat keemasan sinar matahari yang membias di permukaan air biru waduk saat petang. Dan lebih sayang kalau tidak menyempatkan diri merasakan “selimut” jutaan bintang di langit di sebagian penggal waktu malam hari. Semua, dengan catatan tidak sedang mendung ataupun hujan.

Transportasi

Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Kulonprogo DIY. Lokasi ini berjarak sekitar 5-6 kilometer arah Barat Wates.

Transportasi

Waduk Sermo 11Jika terpaksa menggunakan angkutan umum, maka dari RSUD Wates Anda bisa menumpang kendaraan umum berupa bus kecil atau angkudes yang jumlahnya tiak banyak. Jam operasional kendaraan umum ini juga sangat terbatas. Sehingga lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua ataupun mobil agar lebih leluasa dan tidak terikat waktu.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, akses menuju lokasi bisa ditempuh melalui dua rute. Yang pertama adalah melintasi jalur Pengasih dan yang kedua melalui Wates. Saat informasi ini tayang, sekitar 5 kilometer ruas jalan di rute Pengasih dalam kondisi rusak sehingga jalur Wates lebih direkomendasikan. Keduanya menawarkan jalur yang berkelok-kelok dan naik turun perbukitan dengan panorama hutan di kanan kirinya. Sangat elok dan jauh dari rasa membosankan.

Tiket Masuk

Waduk Sermo 12Retribusi masuk ke lokasi harus di bayarkan di Pos TPR. Untuk mobil sebesar Rp 3000,- untuk mobil, Rp 2000,- untuk sepeda motor dan Rp 5000,- untuk bus dan truk. Sedangkan pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 2000,- per orang (konfirmasi dengan mas Udin). Di area parkir, Anda akan dikenai biaya lagi sebesar Rp 1500,- untuk sepeda motor, Rp 3000,- untuk mobil dan Rp 5000 untuk bus atau truk. Tapi untuk petang hari, masuk ke kawasan ini free karena sudah tidak ada petugas pemungut.

Akomodasi/Fasilitas

Jika tertarik dengan informasi atau data dan sejarah tentang Waduk Sermo, Anda bisa mendatangi kantor pengelola di sisi timur waduk. Parkir tersedia sangat luas. Juga terdapat pusat kuliner, tim SAR yang siaga, serta perahu-perahu yang boleh disewa. Perahu ini bisa digunakan untuk berkeliling waduk dengan jarak tempuh sekitar 100 menit. Biaya sewanya cukup murah Rp 100.000,- untuk minimal 5 orang dan maksimal 10 orang.

1

 likes / 4 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec