10
Jun-2016

From Bantul With Sagon

Kuliner   /   Tags: , ,
Sagon Bu Mur 1

Sagon termasuk varian jajanan pasar yang populer. Bentuknya melingkar, bertekstur kasar, dan berwarna putih, cokelat kehitaman. Kini, untuk mendapatkan sagon dengan rasa nyamleng, dibutuhkan kesungguhan dan kesabaran.

Sagon Bu Mur 4Lingkar tengahnya hampir selebar kue serabi. Hanya saja lebih tebal daripada kue serabi. Bahannya pun beda. Bahan sagon terdiri dari beras ketan, kelapa, gula pasir, panili, dan garam. Cara membuatnya butuh ketekunan: beras ketan ditumbuk sampai halus, lalu dicampur dengan gula pasir, panili, garam, dan parutan kelapa. Agar rasanya lagi-lagi tak terlupakan di lidah, maka kelapa harus diparut manual, dengan tangan tanpa mesin parut. Setelah itu, proses berikutnya adalah menuang adonan sagon ke dalam loyang dan dipanggang di atas tungku dengan bara api sedang dan stabil.

“Sudah sejak tahun 1985 saya membuat sagon ini,” tutur Bu Mur yang di depan rumahnya tertera plang bertuliskan Perusahaan Sagon Bu Mur.

Sagon Bu Mur 6 (utama)Dengan dibantu suaminya, Bu Mur memulai mengerjakan semua racikan bahan dibuat menjadi sagon. Asal muasal nama sagon hingga saat ini tidak diketahui. Tetapi sagon kini mulai dikenal tidak hanya di pasar tetapi juga dikenal sebagai oleh-oleh atau sanggan saat lamaran pada rentetan upacara pernikahan tiba. Biasanya sagonnya lebih tebal dari ukuran yang dijajakan di pasar-pasar. “Untuk macamnya, saya bedakan sagon untuk sanggan, snack, dan yang dijual di pasar-pasar,” jelas Bu Mur.

Sagon Bu Mur 5Dalam sehari Bu Mur bisa menghabiskan 10 kilogram ketan, 5 kilogram gula pasir, dan 30 butir kelapa. Khusus untuk kelapa digunakan kelapa yang umurnya tidak muda, tapi juga tidak tua. Di tengah-tengahnya, istilah Bu Mur, sedang-sedang saja. Ukuran loyang cetakan sagon Bu Mur juga beda dengan sagon yang banyak dijumpai di pasar-pasar. Lebih tebal. Dan, istimewanya, sagon Bu Mur bisa tahan sampai 3 hari. Silakan dicoba.

Lokasi:

Sagon Bu Mur 2Dukuh Bantul Karang RT 4, Kelurahan Ringinharjo, Kecamatan Bantul. Rute paling mudah: kalau Anda dari arah Kota Jogja, maka arahkan kendaraan Anda ke kanan di jalan beraspal yang berada di sebelah utara SMA 1 Negeri Bantul. Lurus ke arah barat dan Sagon Bu Mur berada di kanan jalan atau di sebelah utara jalan.

Harga:

Rp 7.000,00 untuk dipakai sanggan
Rp 6.000,00 untuk dipakai snack
Rp 5.000,00 seperti yang dijual di pasar
Untuk oleh-oleh disarankan memesan yang dipakai untuk sanggan. Lebih tebal dan lebih bercita rasa tinggi.

Buka:

Sagon Bu Mur 3Jam produksi dan pelayanan 12.00 – 17.00 WIB

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec