03
Nov-2014

Gedung Bank “BNI 1946” Yogyakarta Jejak Bank Pertama di Indonesia

Boleh jadi, tak ada yang menyangka dari Jogja lah bank pertama di Indonesia dirintis. Ya, persisnya adalah dari kawasan Titik Nol kilometer, lebih tepatnya lagi di area Gedung Bank BNI 46 Yogyakarta

Gedung BNI 1946 berada di Jl. Trikora No.1 Yogyakarta, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Selain Bank Indonesia dan Pasar Beringharjo, Gedung BNI 1946 ini menjadi tonggak sejarah berputarnya perniagaan dan ekonomi di kawasan Titik Nol Yogyakarta pada jaman sebelum kemerdekaan.
Merunut sejarahnya, Gedung BNI 46 Yogyakarta dulunya merupakan kantor perusahaan asuransi yang bernama Niil Maatschappij. Tapi dalam perkembangannya, bangunan megah ini beberapa kali berganti fungsi. Pada jaman pendudukan Jepang, digunakan sebagai kantor Radio Jepang Hoso Kyoku. Selanjutnya pada jaman revolusi, gedung ini dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai kantor Radio Republik Indonesia. Di awal kemerdekaan, gedung ini juga sempat dimanfaatkan sebagai studio siaran Radio Mataram yang dikenal dengan nama MAVRO.Gedung BNI 1
Tak jauh berbeda dengan gedung-gedung lainnya di seputar kawasan ini, Gedung BNI 46 Yogyakarta kental dengan gaya arsitektur Indis. Ciri khusus bangunan ini pada bagian dinding dihiasi dengan ornamen pilar semu dan roster yang berfungsi sebagai sirkulasi udara dan pencahayaan sekaligus untuk mempercantik tampilan arsitektural.
Gedung BNI 46 dirancang oleh arsitek Jawa R. Sindutomo pada tahun 1923. Selama perang Dunia II digunakan oleh pasukan pendudukan Jepang sebagai markas mereka.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) ternyata lahir di Yogyakarta dan diresmikan oleh Wapres Moh Hatta. Bank BNI merupakan bank yang cukup tua dan hanya terpaut satu tahun dengan kemerdekaan bangsa. Kelahiran bank ini dibidani oleh Margono Djojohadikusumo pada 5 Juli 1946. Namun oleh pemerintah baru diresmikan setahun setelah proklamasi tepatnya 17 Agustus 1946.

Gedung BNI 3BNI dibangun sebagai bagian dari upaya mendukung kelancaran pemerintahan di bidang keuangan dan perekonomian masyarakat. Pada 5 Juli 1946 pemerintah mengeluarkan Perpu No. 2 Tahun 1946 tentang pembentukan BNI yang kemudian dikenal sebagai hari lahir BNI. Upacara peresmian dilakukan oleh Wapres Mohammad Hatta berlangsung di bekas gedung De Javasche Bank, Yogyakarta.

Lokasi : Jalan Trikora (ujung Jalan A Yani Yogyakarta), berseberangan dengan Kantor Pos Yogyakarta dan  Gedung Agung.

Transportasi : Karena di pusat kota, maka menuju ke lokasi menjadi sangat mudah. Dari luar kota bisa memilih transportasi darat ataupun udara. Dari stasiun, terminal ataupun bandara, selanjutnya tinggal memilih kendaraan umum dengan rute Jalan Malioboro.

Daya Tarik : Selain menjadi spot menarik untuk berfoto ria, kawasan ini juga menjadi tempat berkumpulnya berbagai komunitas di sore dan petang hingga malam hari. Utamanya saat akhir pecan. Diantaranya komunitas sepeda, komunitas seni, dan lain sebagainya.

 

 

 

0

 likes / One comment
Share this post:
  • yogyakarta..kota yang menyenangkan, pengen balik dan balik lagi….saya orang garut jawa barat asli..tapi yogyakarta adalah salah satu kota favorit untuk dikunjungi….kangen yogyakarta…

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec