14
Jul-2014

Geliat di Pantai Selatan

Galeri   /  

Yogyakarta sedang berubah dengan cepat. Kawasan pantai di selatan menanggung beban perubahan itu demikian cepat. Di timur, pariwisata menggeliat, sedang di barat, gerak bisnis lebih terasa.

Kawasan Gunungkidul setidaknya dalam 5 tahun terakhir popular dengan munculnya pantai-pantai tujuan wisata baru. Tentu saja bukan pantai yang muncul tiba-tiba dari laut. Ini adalah deretan pantai yang selama ini tidak dimanfaatkan, bahkan sebagian tidak dikelola sama sekali. Sejumlah orang yang sering berwisata kesana, menemukan sudut-sudut indah, dan kemudian tertarik untuk menjadikannya kawasan wisata baru.
Maka mereka kemudian membeli hak kelola kawasan itu dari warga sekitar, membangun sarana dan prasarana, termasuk jalan, penginapan, area kuliner dan mempercantik sesuai keinginan. Jadilah kemudian kita mengenai deretan pantai-pantai mempesona itu.
Di Kabupaten Bantul, lebih terasa kegiatan bisnis di sektor pertanian yang berkembang. Sejumlah pihak bahkan menyayangkan karena beberapa pantai cantik, rusak akibat pengolahan lahan untuk dijadikan tambah udang. Protes memang sudah dilakukan, tetapi petani tambah belum goyah. Kita nampaknya harus menunggu sikap tegas pemerintah untuk menyelamatkan pantai-pantai itu, karena salah satunya menjadi tempat penyu-penyu bertelur pada musim tertentu.
Sementara di Kulonprogo, sejumlah kegiatan besar sudah dan akan terjadi. Pembangunan pelabuhan Adikarto di Pantai Glagah adalah salah satunya. Selain itu, penambangan pasir besi yang menuai kontroversi juga akan dilakukan. Banyak pihak takut, rencana penambangan pasir besi akan membawa dampak luar biasa bagi pantai-pantai disana. Tetapi protes masyarakat nampaknya tidak didengar, dan pemerintah begitu saja mengizinkan perusahaan tambang beroperasi.
Tidak jauh dari situ, akan dibangun pula Bandara Internasional Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandara baru di tepi laut ini tentu saja akan menjadi sinyal positif luar biasa bagi dunia pariwisata Jogja. Ke depan, akan ada lebih banyak penerbangan langsung dari dan ke Jogja. Kota tujuan wisata utama di Indonesia ini akan terhubung langsung dengan kota-kota besar di seluruh dunia.
Geliat di kawasan selatan ini menjadi tantangan bagi kita semua. Tentu saja, kita berharap pantai dan laut kita tetap indah. Karunia Tuhan yang luar biasa ini tidak bisa digantikan dengan apapun. Sekali kita merusaknya, keasliannya tidak akan pernah bisa kembali. Karena itu, kita harus menjaganya dengan sungguh-sungguh.
Sementara ini, mari kita nikmati keindahan pantai-pantai yang luar biasa, yang diberikan Tuhan di depan rumah kita, di Jogja…

2

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec