28
Sep-2015

Goa Sunan Mas, Tempat Menyusun Strategi Perang Amangkurat II

Goa Sunan Mas. Sepintas hanya cekungan batu dengan mulut goa yang pendek, setinggi 1,5 meter. Sementara ketinggian di dalamnya pun tidak lebih dari 3 meter.

Menurut legenda yang berkembang di masyarakat sekitar  Surocolo Pundong, Goa Sunan Mas merupakan goa yang dibuat oleh seorang anak tukang masak Pangeran Amangkurat II, yang bernama Joko Umar. Dengan kesaktiannya si bocah tersebut membuat goa hanya dengan sebuah tempurung kelapa.  Sehingga goa yang konon hanya  dengan tiga kali kerukan itu diselimuti berbagai cerita, mulai dari sejarah perjuangan para prajurit Demak hingga cerita misteri.

Lubang kecil mirip sebuah terowongan batu yang merupakan mulut goa,Goa Sunan Mas menambah aroma dan nuansa magis goa Sunan. Apalagi suara bambu  yang berdecit saat tertiup angin, seakan menyayat hati siapapun yang singgah di  kawasan perbukitan seribu ini. Meski memberi kesan magis, mengunjungi gua Sunan akan meninggalkan kesan tersendiri. Terutama saat melintasi jalur mendaki menuju goa, dengan suguhan panorama alamnya begitu indah. Perpaduan hamparan persawahan yang dibelah sungai Opak dan birunya pantai selatan yang sesekali terlihat dari jalanan. Sungguh, menuju Goa Sunan Mas adalah penggal perjalanan yang mengasyikkan.

Menurut salah seorang warga Surocolo, Hadi Winoto, karena  kesan magis di yang memancar, selama ini mereka yang berkunjung kebanyakan wisatawan minat khusus. Sebagian besar dari mereka adalah pelancong dari luar daerah dan datangnya pun kadang ada yang sendiri atau kelompok kecil. Sedangkan wisatawan umum,  pelajar atau mahasiswa, hanya mereka yang menyukai wisata alam.Goa Sunan Mas

Hadi Winoto mengatakan disebut Goa Sunan karena goa ini merupakan tempat peristirahatan atau peninggalan Sunan Mas dalam pelariannya dari Demak, yang sejatinya beliau adalah Sultan Amangkurat II. Dan di tempat ini pula Sultan Amangkurat menyusun strategi perang saat dapat mengalahkan Bupati  Pati.

“Sebagai kawasan yang memiliki jejak sejarah dengan didukung panorama alamnya yang indah serta memiliki akar budaya yang kuat, kawasan Surocolo menjadi desa wisata yang menarik. Setiap tahun memasuki moso kalimo ( musim ke lima hitungan jawa) masyarakat selalu mengelar kegiatan budaya berupa Nyadran sebagai permohonan doa,” imbuhnya.

Bukan hanya keberadaan Goa Sunan yang menarik untuk dikaji. Di bawahnya, di samping jalan berundak menuju goa, ada dua pohon Kepuh, yang konon telah berusia ratusan tahun komplit dengan beragam cerita. Konon, bila salah satu dahannya patah maka pertanda salah seorang petinggi atau pejabat negara akan mengalami musibah. Seperti dahan yang mengarah ke barat, sesaat setelah patahnya dahan itu, Taufiq Kemas meninggal.

Rute

Goa Sunan MasTidak sulit untuk menuju Goa Sunan Mas karena keberadaannya berada satu jalur dengan obyek wisata yang ada di Bantul. Goa Sunan sangat mudah ditempuh melalui jalan Parangtritis. Setelah melewati jembatan Kretek dan menemukan pertigaan arah Pundong-Imogiri, terus belok kiri. Sekitar 300-400 meter, akan Anda temui petunjuk arah Goa Sunan. Sedangkan jika dari Imogiri, cukup mengikuti satu-satunya jalan beraspal besar yang akan menembus jalan Parangtritis.

Saran

Karena kesakralannya, setiap pengunjung manakala sampai dikawasan ini disarankan mengucap salam serta tidak berbuat yang aneh-aneh. Hadi Winoto menceritakan pernah ada serombongan mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi di Jogja, hampir separuh kesurupan karena telah meremehkan benda-benda yang ada di sekitar Surocolo.

Karena kondisinya gersang saat kemarau, sebaiknya membawa bekal air minum yang cukup. Meskipun ada 1-2 warga membuka warung akan tetapi  stok yang sangat terbatas.

 

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec