31
Jul-2015

Grojogan Sewu, Tarian Air Terjun di Pelosok Menoreh

Goa Kiskendo selama ini menjadi icon ketika kita berpetualang di sepanjang bukit Menoreh. Namun sejatinya bila kita mau menyusuri lebih jauh lagi, mata kita akan dikejutkan akan indahnya air terjun Grojogan Sewu

Grojogan Sewu, wahana wisata yang berada di Girimulyo ini menawarkan eksotisme tersendiri. Airnya yang jernih dibalut pemandangan nan indah dengan untaian rerimbunan pepohonan yang kokoh berdiri menjadikan Grojogan Sewu semakin mempesona untuk dikunjungi. Apalagi tempatnya yang tersembunyi di balik perbukitan, Grojogan Sewu bak mutiara dalam dekapan semesta alam.Grojogan Sewu Kulonprogo 8
Grojogan Sewu memang belum banyak dikenal. Sehingga wisatawan yang berkunjung masih bisa dihitung dengan jari. Baru di hari Sabtu atau Minggu akan terlihat pengunjung. Itupun masih sebatas wisatawan lokal. Apalagi obyek wisata ini belum dikelola oleh masyarakat seperti halnya obyek yang sudah punya nama. Sehingga sayang bila Grojogan Sewu tidak kita sambangi.
Kemolekan air terjun Grojogan Sewu tak terhapus meski musim kemarau. Hujan yang tidak datang, tak mampu menghalangi beningnya tirta yang terus mengucur pada curug raksasa. Sungguh segar manakala kita bermaksud membasuh muka atau sekadar ingin membasahi tubuh. Air yang jatuh di atas tebing berketinggian 15 meter, kemudian tertampung pada sebuah kolam menggoda setiap pengunjung untuk hanyut dalamnya. Grojogan Sewu Kulonprogo 1
Saat di Grojogan Sewu waktu berjalan tak terasa. Gemericik nyanyian air yang menembus waktu dikesunyian hutan, baru akan menyadarkan alam pikir kita manakala hari telah senja. Dan saat melangkahkan kaki untuk pulang suara berisik kicauan burung senantiasa mengiringi.
Indahnya tarian air terjun Grojogan Sewu serta jernihnya air kolam yang menghias di antara warna semu kuning bebatuan kapur, sayang bila terlewat saat melancong di perbukitan Menoreh. Setitik kenangan di Grojogan Sewu akan tetap abadi dalam angan setiap insan yang membaur dalam alam.
Menuju Grojogan Sewu
Grojogan Sewu terletak di dusun Beteng, Jatimulyo Girimulyo Kulonprogo. Menuju kesana, dapat kita tempuh melalui Jalan Godean. Dari Godean terus ke barat hingga perempatan Kenteng. Dari Kenteng lurus lagi ke barat sampai menemukan jalan yang menanjak hingga akhirnya menemukan pasar kecil sebelum naik ke jalur Goa Kiskendo. Di sini dekat pasar ini dapat kita temukan plang kecil-kecil, petunjuk arah menuju Grojogan Sewu.
Grojogan Sewu Kulonprogo 2Jalannya masih sempit, namun pemandangan alamnya luar biasa. Di kanan dan kirinya berupa persawahan yang luas, sangat menawan dan memanjakan pandangan. Sesampai di lokasi, karena obyek ini belum dikelola oleh warga, kendaraan bisa dititipkan ke rumah warga sekitar Grojogan Sewu. Dengan berjalan kaki sekitar 15 menit maka perjalanan akan terobati saat mata kita tertuju pada tarian air Grojogan Sewu.
TipsGrojogan Sewu Kulonprogo 6
Karena belum dikelola, jika Anda dan rombongan ingin menghabiskan waktu di Grojogan Sewu, jangan lupa persiapan bekal yang cukup. Di lokasi ini belum ada warung. Sebagai obyek yang masih baru, di sini juga belum dilengkapi fasilitas seperti kamar mandi (MCK), tempat sampah apalagi mushola.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec