27
May-2015

Hangat dan Sehat dalam Segelas Wedang Uwuh

Kuliner   /   Tags: , ,

wedang-uwuh0

Ramuan minuman ini diyakini menyehatkan tubuh dan membawa manfaat besar bagi yang meminumnya. Kini, racikannya sudah mulai fusion.

Menyebut Imogiri seperti harus mengingat zaman tua, kuno, dan serba lawas. Sebagai salah satu poros utama pemerintahan Mataram Islam di masa lalu banyak sekali peninggalan dan petilasan di Imogiri yang menandakan zaman keemasan itu. Salah satunya wedang uwuh. Minuman beracik dari berbagai macam herba itu kini semakin populer.wedang-uwuh3

Dalam terminologi Jawa, uwuh berarti sampah. Boleh jadi karena wedang uwuh diracik dari berbagai dedaunan dan rimpang, maka secara visual seperti sampah atau uwuh. Racikan itu terdiri dari rimpang jahe, cengkih, dan gula batu. Ini merupakan racikan model lama, asli, dan paling awal.

Kini beberapa herba yang lain tampak dalam racikan wedang uwuh seperti daun pala, serutan kayu secang, dan serutan kayu manis. Kadang ditambahkan pula batang sereh atau daun jeruk. Gulanya pun sesuai selera. Bisa gula batu atau gula merah. Jahe sudah dikenal manjur mengusir berbagai keluhan. Sifatnya yang panas bermanfaat sebagai penghangat. Jahe juga terbukti manfaatnya untuk melancarkan peredaran darah. Jahe ini bersifat antikoagulan (antipembekuan darah) yang lebih hebat daripada bawang putih atau bawang merah.

wedang-uwuh2Di sepanjang jalan yang berada di gerbang makam raja-raja Mataram di Imogiri, banyak yang menjajakan. Dan kini pun telah banyak yang menjual wedang uwuh dalam bentuk sachet, sehingga praktis dan mudah meraciknya. Cocok sebagai oleh-oleh yang berkhasiat dan bermanfaat.

Tip dalam Box:
Harga per sachet wedang uwuh terjangkau, berkisar Rp 2000,- sampai Rp 5.000,-.

0

 likes / One comment
Share this post:

Comments are closed.

  • Angkringan Jogja says:

    Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    Minuman ramuan tradisional khas Yogyakarta terbuat dari 100% rempah alami yang sudah turun temurun sejak zaman Raja-raja Mataram.

    Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional alami khas Jogjakarta yang terbuat dari rempah alami dengan aroma menyegarkan serta cita rasa rempah herbal unik & nikmat, juga kaya akan khasiat untuk kesehatan.

    Sejak zaman nenek moyang terdahulu, bahan ramuan Wedang Uwuh dipercaya dapat meringankan serta mencegah masuk angin & batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menghilangkan nyeri, capek, pegal, kembung dsb.

    Saat ini ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja makin digemari & banyak dikonsumsi untuk menghangatkan badan, menjaga kebugaran serta vitalitas.

  • Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec