13
Apr-2015

Horison Ajak Tamu Peduli Heritage

Berkunjung ke Keraton Jogja, tentu salah satu sajiannya adalah heritage. Untuk menikmatinya, Anda harus lebih sabar dan teliti

“Perkembangan wisata budaya di Yogyakarta saat ini seakan kurang dilirik, karena banyak wisatawan yang kurang tertarik dengan sajian yang terkesan monoton, salah satunya bangunan bersejarah atau heritage. Oleh karenanya wisata budaya di Yogyakarta semakin tergerus dengan wisata modern yang semakin berkembang” tutur Tri Cahyani, Public Relation Officer hotel Horison Ultima Riis Yogyakarta membuka perbincangan dengan JalanJogya.com (11/4).

Perempuan yang akrab disapa Cahya ini menambahkan banyak heritage di kota Yogyakarta. Ketika berkunjung ke kraton wisatawan hanya mendatangi tempat-tempat tertentu yang memang selama ini dibuka untuk umum. Padahal sebenarnya masih ada tempat lain yang bisa dikunjungi yang kebetulan masih berada di lingkup kraton, yakni Ndalem Prabukusuman.

Tri CahyaniNdalem Prabukusuman yang selama ini ditempati GBPH Prabukusuma memang hampir tidak pernah dikunjungi wisatawan. “Di sini wisatawan sebenarnya bisa belajar banyak tentang budaya. Karena belum tersentuh, kami berkomitmen untuk nguri-nguri peninggalan kraton Yogyakarta Hadiningrat dengan membantu melestarikan obyek wisata bangunan bersejarah, yakni Ndalem Prabukusuman,” sambung alumni Akindo ini.

Dengan komitmen nguri-nguri kebudayaan dan melestarikan sekaligus memperkenalkan Ndalem Prabukusuman, Horison Ultima Riss Yogyakarta menawarkan paket wisata ke setiap tamu berupa paket wisata andong. Wisatawan akan dibawa berkeliling dengan transportasi tradisional Jogja ini, dan berkesempatan menikmati lunch atau dinner di Ndalem Prabukusuman dengan suguhan gamelan ataupun tarian tradisional.

“Di dalam paket andong ceria Horison-Malioboro di dalamnya terdapat paket gowes heritage. Dengan paket wisata ini akan memudahkan para tamu hotel untuk mengakses tempat-tempat wisata yang menjadi icon Kota Pelajar ini tanpa harus mengeluarkan banyak waktu serta biaya dan mereka bisa ikut melesatarikan peninggalan budaya Indonesia,” imbuh Cahya.

Paket ini membidik segmen keluarga. Meski belum resmi diluncurkan, tapi pihak Horison Ultima Riss sudah mendapatkan ijin dari istri GBPH Prabukusumo. Bahkan pihak keluarga menyambut baik serta mendukung agar nantinya bisa menambah khasanah wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta. Dan yang tidak kalah pentingnya peninggalan yang bersejarah ini akan tetap lestari.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec