27
Apr-2016

Ingkung Kuali Kalakijo yang Legit Menggigit

Ingkung Kalak Ijo

Ingkung biasa menjadi sajian sesaji saat upacara adat di tanah Jawa. Kini menjadi menu harian yang siap melezatkan lidah Anda.

Sekali waktu susurilah jalan panjang di kawasan Bantul bagian barat mulai dari Kasongan di Kasihan sampai Guwosari Pajangan. Jalan di kawasan ini meliuk-liuk dan menikung dengan kondisi jalan yang relatif halus. Sesekali jalanan bergelombang dan di kanan kiri jalan tampak bebatuan kapur putih yang berbukit-bukit. Sepanjang jalan yang sebagian Ingkung Kalakijo besar teduh oleh pepohonan besar itu akan lebih membuat perjalanan nyaman.

Di kawasan ini terdapat berbagai macam tempat untuk tujuan wisata: kerajinan gerabah Kasongan, Goa Selarong, desa kerajinan Krebet, dan Jurug Pulosari. Pun demikian dengan tujuan kuliner: ayam goreng Mbah Cemplung dan mangut lele Mbah Warno.

Nah, kali ini kami berkunjung ke Ingkung Kuali Kalakijo. Setelah menyusuri jalanan yang adem ayem tadi, maka perjalanan kami arahkan ke Pajangan. Selepas Lembaga Pemasyarakatan Pajangan beberapa meter ke depan ada 2 penanda jalan di kiri jalan bertuliskan Ingkung Kuali Kalakijo. Desa ini berada di seberang jalan atau di kanan jalan kalau kita dari arah utara atau dari LP Pajangan.

Ingkung Kalakijo Memasuki Desa Kalakijo sudah ada papan nama yang menunjukkan ke arah mana ingkung itu berada. Beberapa papan nama di situ menjelaskan, desa itu juga dikenal sebagai desa wisata. Jalan yang tertata rapi dengan badan jalan berupa cor akan mengantarkan sampai tujuan serupa tanah lapang. “Tanah ini merupakan tanah kas desa yang diperuntukkan untuk lokasi desa wisata,” terang Pak Sukar, salah satu pengelola warung Ingkung Kalakijo membuka obrolan.

Proses memasak ingkung di Kalakijo memang lain. Setelah ayam dipotong dan dibersihkan, dada dibelah dan jeroan dikeluarkan. Lalu bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, miri, gula jawa, salam, dan laos serta santan kelapa dimasukkan semua ke dalam dada ayam dan diikat agar bumbu tadi tidak keluar saat direbus di kuali. Jeroan tadi setelah dibersihkan juga akan dimasukkan kembali ke dalam ingkung. Ukuran ayam yang sedang bisa dimasukkan ke dalam kuali berukuran sedang dan bisa menampung 2-3 ayam. Sedangkan ayam berukuran besar bisa masuk kuali besar yang siap menampung sampai 5 potong ayam. Lama memasaknya sampai 2 jam direbus di dalam kuali.Ingkung Kalakijo

Untuk menikmatinya, Anda bisa pesan ingkung ayam dimasak dengan cara dipanggang, dibakar, digoreng, atau dibuat rica-rica yang berbumbu pedas itu. Tapi jika Anda ingin rasa ingkung yang oroginal, maka pesanlah ingkung yang apa adanya itu tanpa dimasak macam-macam. Ini lebih nikmat karena Anda bisa merasakan betapa legitnya ingkung yang masih menorehkan rasa aroma air rebusan di dalam kuali itu. Dagingnya juga lebih mantap jika disuwir-suwir atau langsung dicemol dari bagian paha dan dadanya. Jangan lupa areh yang menjadi pelengkap sajian akan memantapkan selera karena justru dari areh itulah kelembutan rasa ingkung menjadi-jadi untuk disantap lagi dan lagi.

Nasi yang terhidang juga cukup mengejutkan lidah, berupa nasih gurih, nasi uduk, begitu harum dan sangat berasa gurihnya. Karena ingkung rata-rata memiliki ukuran lumayan besar, jadi ajaklah teman minimal berdua untuk menyantapnya. Karena dijamin paduan Ingkung Kalakijo ukuran ingkung yang besar dan nasi gurihnya yang mantap akan selalu mengundang selera makan Anda. Selain ingkung, Anda bisa pesan sebagai pelengkap ada gudangan, balado terong, ca kangkung, dan urap.

Segeralah melancong ke Kalakijo, maka selera Anda akan dijamin puas….

Lokasi:
Dusun Kalakijo, Kelurahan Guwosari, Kecamatan Pajangan, Bantul
Marketing Ingkung Kuali Desa Wisata Kalakijo: 085701101122

Transportasi:
Tidak ada rekomendasi untuk naik transportasi umum karena memang tidak ada yang sampai lokasi. Anda bisa carter mobil atau motor. Disarankan dengan motor karena lebihIngkung Kalakijo fleksibel jika Anda akan mampir di beberapa lokasi wisata lainnya di sekitar Pajangan.

Buka:
Mulai jam 09.00 – 17.00 WIB
Tetapi warung tetap akan buka jika masih ada pengunjung meskipun waktu buka telah lewat. Jika Anda akan mengadakan acara di sana maka buatlah janjian terlebih dahulu.

Harga:
Mulai dari Rp 90.000,- sampai Rp 120.000,- tergantung dari ukuran ingkung ayamnya.

 

 

 

 

3

 likes / One comment
Share this post:
  • SommerSchlen says:

    I see your blog needs some fresh articles. Writing manually is time consuming, but there is
    solution for this hard task. Just search for; Miftolo’s tools rewriter

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec