26
Feb-2013

Ini Dia, The Real Mie Ayam Sehat

Kuliner   /   Tags: , , ,

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/02/ayam-mbak-pini1.jpg” align=”right” lightbox=”true” title=”Mie Ayam Sehat” link=”” width=”200″ height=””]Mie Ayam dan Bakso, jenis menu yang sangat akrab di telinga. Hampir di tiap tempat, kita bisa menemukan makanan yang begitu “merakyat” ini. Mulai dari yang kelas gerobak dorong, gerobak ruko atau warung, hingga kelas rumah makan atau resto dan bahkan hotel. Begitu banyak penjaja Mie Ayam dan Bakso, maka faktor keamanan dan kesehatan, menjadi bagian sangat penting bagi konsumen yang ingin bersantap. Terlebih, saat ini ditengah maraknya perilaku kurang bertanggungjawab para penjaja makanan dengan menggunakan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan.

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/02/ayam-mbak-pini2.jpg” align=”left” lightbox=”true” title=”Mie Ayam Sehat” link=”” width=”200″ height=””]Salah satu pembuat dan penjual mie ayam dan bakso di Jogja yang masih konsisten dengan menu serba alami, adalah Mie Ayam dan Bakso Mbak Pini. Beroperasi sejak 2008, saat ini sudah ada 4 variasi mie ayam. Ada mie ayam original (putih), mie ayam ijo, mie ayam ungu dan mie ayam lombok ijo dengan warna hijau agak cokelat. Semua warna ini, hasil perpaduan terigu sebagai bahan utama mie, dengan aneka bahan alami. Warna hijau hasil campuran dengan Daun Sawi atau Saisin. Sedangkan warna ungu dan hijau agak cokelat adalah perpaduan dengan Ubi Ungu dan Cabe Hijau.

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/02/ayam-mbak-pini3.jpg” align=”right” lightbox=”true” title=”Mie Ayam Sehat” link=”” width=”200″ height=””]“Dulu cuma satu macam yakni mie putih dan bakso. Oleh Pak Adzan Budiman (pemilik warung Sapi Bali), saya disarankan untuk mencoba berinovasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Saya lantas terus mencoba sampai sekarang sudah tercipta empat varian ini. Untuk pengenyal saya biasa pakai merang atau kalau sulit mendapatkan merang menggunakan baking powder,” tutur Mbak Pini yang lebih senang saban hari bangun pagi-pagi buta menyiapkan mie, ketimbang menyimpannya di lemari es.

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/02/ayam-mbak-pini4.jpg” align=”left” lightbox=”true” title=”Mie Ayam Sehat” link=”” width=”200″ height=””]Banyak kendala yang sempat ditemui. Mulai aroma langu dari cabe, campuran adonan yang kelewat encer karena dicampur sawi yang kaya kandungan air, hingga warna campuran yang kurang sedap dilihat. Tapi perjuangan tak lelah selama lebih 3 bulan akhirnya berhasil. Dan tekadnya, ini bukan akhir. Inovasi akan terus dilakukan karena diyakini cara ini merupakan bagian dari strategi untuk selalu memberikan sajian baru bagi konsumen, disamping bertumpu di kekuatan rasa dan harga yang bersahabat.

Lokasi

Jl Kranji C7, Krikilan, Sariharjo, Ngaglik Sleman. Lokasi ini tepatnya adalah sekitar 200 meter di sebelah selatan Simpang 4 warung Sapi Bali di Jl Damai Ngaglik. Untuk menuju ke lokasi ini, satu rekomendasi kita adalah gunakan kendaraan pribadi.

Jam Operasional

Buka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB.

Harga

Mie Ayam original – Rp.4.500 per porsi
Mie Ayam Ijo – Rp.5.500 per porsi
Mie Ayam Ungu – Rp.5.500 per porsi
Mie Ayam Cabe – Rp.6.500 per porsi
Bakso – Rp.5.500 per porsi berisi 1 bakso besar dan 3 bakso kecil
Jika menginginkan mie ayam ditambah bakso, maka Mbak Pini biasanya akan menambah satu butir bakso besar dengan tambahan harga Rp 3.500

0

 likes / One comment
Share this post:
  • juli says:

    Kapan nih mie ayamnya buka di Bali. Speertinya belum ada mie ayam sehat di Bali

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec