25
May-2015

Istana Ratu Boko, Awal Kejayaan Sumatera Bermula

Wisata   /   Tags: , ,

situs-ratu-boko0Istana Ratu Boko, merupakan salah satu obyek wisata yang menjadi satu kesatuan dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur dan Prambanan. Lokasinya berdekatan dengan Candi Prambanan. Dari arah Jogja menuju Solo, Candi Prambanan berada di sisi kiri jalan, sedangkan Candi Ratu Boko disisi kanan jalan dan agak masuk sekitar 2 kilometer.

Berbeda dengan Borobudur dan Prambanan yang begitu megah, kompleks Candi Ratu Boko atau Istana Ratu Boko, secara phisik tinggallah puing-puing. Namun, bagi yang suka dengan sejarah, semua yang masih berbekas ini justru memancing imajinasi kita untuk membayangkan kemegahan istana kala itu. Terlebih, kompleks ini berada di atas bukit Boko yang cukup sunyi, sehingga pengunjung lebih leluasa untuk mengeksplorasi setiap sudut bekas istana.

Bekas bangunan megah ini dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara yang berarti biara di bukit yang penuh kedamaian ini didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual.situs-ratu-boko3

Areal istana seluas 250.000 m2 bisa ditemui bagian dari istana berupa bangunan Gapura Utama, Lapangan, Candi Pembakaran untuk pembakaran jenazah, Kolam, Batu Berumpak, dan Paseban. Sementara, bagian tenggara meliputi Pendopo, Balai-Balai, 3 Candi, Kolam, dan Kompleks Keputren. Kompleks Gua, Stupa Budha, dan kolam terdapat di bagian timur. Sedangkan bagian barat hanya terdiri atas perbukitan.

Di kawasan ini terdapat sumur yang penuh misteri. Lokasinya disebelah tenggara Candi Pambakaran. Konon, sumur tersebut bernama Amerta Mantana yang berarti air suci yang diberikan mantra. Kini, airnya pun masih sering dipakai. Masyarakat setempat mengatakan, air sumur itu dapat membawa keberuntungan bagi pemakainya. Sementara orang-orang Hindu menggunakannya untuk Upacara Tawur agung sehari sebelum Nyepi.

Yang menarik, di Istana Ratu Boko inilah, kejayaan Sumatera melalui Kerajaan Sriwijaya bermula. Merunut sejarah, Balaputradewa sempat melarikan diri ke istana ini sebelum ke Sumatera ketika diserang oleh Rakai Pikatan. Balaputradewa memberontak karena merasa sebagai orang nomor dua di pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno akibat pernikahan Rakai Pikatan dengan Pramudhawardani (saudara Balaputradewa). Setelah ia kalah dan melarikan diri ke Sumatera, barulah ia menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya.

situs-ratu-boko2Lokasi

Kompleks Istana Ratu Boko terletak di sisi sebelah kanan/selatan Jalan Raya Jogja-Solo sekitar 25 Km sebelah timur Jogja . Dari Jogja sesampainya di Prambanan, Anda harus berbelok ke kanan menuju bukit Boko yang berjarak sekitar 2 Km. Untuk masuk ke areal Istana Ratu Boko, pengunjung bisa memilih pintu masuk utama di depan yang memiliki halaman parkir cukup luas. Tapi rute ini cukup melelahkan karena harus menaiki tangga yang cukup tinggi. Alternatif lain bisa melalui pintu belakang dengan memutari kawasan perbukitan dan melintas di perkampungan. Meski agak memutar jauh, namun pengunjung bisa langsung memarkir kendaraan di halaman dalam.

Transportasi

Dari Jogja cukup banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan. Selain angkutan umum tujuan Solo atau Klaten, Anda juga bisa menumpang Bus Transjogja dengan tarif hanya Rp 3000 sampai Prambanan. Perjalanan kemudian bisa dilanjutkan dengan angkutan umum lain menuju Boko. Bila ingin sekaligus berkeliling di wilayah Prambanan dan sekitarnya, lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau rental.

Potensi

Saat berkunjung ke Istana Ratu Boko, Anda sekaligus bisa menyempatkan diri melihat obyek-obyek lain di sekitarnya. Yang utama pasti Prambanan. Tapi ada pula obyek lain diantaranya Candi Kalasan dan Candi Sewu. Bukit Boko sendiri menyajikan pesona lain, utamanya saat petang. Anda bisa menikmati super sunset dari puncak bukit, dan selanjutnya menikmati gemerlap Kota Jogja di malam hari. Yang gemar camping, destinasi ini juga memiliki areal khusus untuk berkemah berikut perlengkapannya. Lokasi ini, juga kerap menjadi pilihan untuk foto pre wedding. Lokasi yang eksotis lengkap dengan panorama alam yang menawan, membuat foto-foto pre wedding lebih “hidup”.situs-ratu-boko1

Harga Tiket

Tiket untuk masuk ke kompleks Ratu Boko dapat dibeli seharga Rp 10.000,- per orang. Untuk menikmati suasana senja biayanya Rp 35.000,- dan biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000,-. Candi Ratu Boko hanya berjarak 2 km dari Candi Prambanan, ada fasilitas antar jemput gratis bagi pengunjung untuk tur wisata dari Candi Prambanan yang membeli tiket terusan Rp 25.000,- sedangkan untuk tiket pelajar dan mahasiswa yang datang dengan rombongan minimal 20 orang dikenakan biaya Rp Rp 5.000,-

0

 likes / One comment
Share this post:
  • Edi Susilo says:

    Candi yang menakjubkan

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec