08
May-2016

Jangan Takut Jeroan di Kebon Ndhelik

Kuliner   /   Tags: , , ,
kebon-ndelik03

Jeroan, daftar menu yang boleh jadi tidak setiap orang suka. Tapi bagi penggemar, menghindari menu ini sungguh suatu hal yang sangat sulit dan bahkan menyedihkan.

kebon-ndelik01Rasanya yang khas, membuat lidah selalu ketagihan. Sangat gurih dan agak manis membuat jeroan masuk dalam daftar menu yang difavoritkan. Terlebih bila cara memasaknya benar dan bumbunya pas, orang akan selalu ingin kembali menyantap. Kalau sudah begini, bayangan kolesterol pun sesaat terlepas dari ingatan.

Nah, jika Anda termasuk penggemar menu ini, cobalah sesekali datang ke Warung Kebon Ndhelik di Sleman. Di warung dengan 9 gubuk atau saung ini, selera akan jeroan khususnya jeroan sapi, dijamin akan terpuaskan. Sang pemilik, Bram Nanindya bahkan berani mengklaim untuk daftar jeroan, warungnya inilah yang paling komplit di Jogja. Sebut misalnya, limpa, iso, babat, koyor, paru dan bahkan lidah sapi. Tak lupa juga jeroan ayam berupa ati ampela.

kebon-ndelik04Seluruh menu ini, tersaji dalam dua model atau cara memasak. Yakni model kuningan (menu dimasak dengan cara diungkep bersama bumbu), atau digoreng. Tapi pilihan yang kedua inipun, sesungguhnya didahului dengan masak ungkep. “Jadi tinggal pilih, mau yang goreng tinggal saya gorengkan. Tapi kalau tidak mau yang goreng, disantap begitu saja juga enak karena telah diungkep dengan bumbu. Jelas sudah tidak ada bau amis, karena saya campur dengan bahan alami penghilang bau amis. Juga sangat empuk karena diungkep sekitar 2,5 jam,” tutur Bram.

Saatnya bersantap, maka di meja akan terhidang sambel, terdiri dari sambel terasi, sambel mentah dan sambel matang. Juga lalapan berupa daun singkong, mentimun dan daun kemangi. Bisa juga memesan semangkuk sayur asem. Yang memang tidak suka dengan jeroan, Anda juga bisa memesan ayam kampung goreng atau ungkep, iga sapi, serta tak ketinggalan tempe dan tahu. Satu lagi, jika Anda masih khawatir dengan kolesterol, jangan lupa memesan Jus Sirsak. Selain rasanya sungguh segar dan nikmat, setidaknya bisa sedikit menetralisir kandungan kolesterol dari jeroan tadi.

Lokasi

kebon-ndelik02Kebon Ndhelik berlokasi di Dusun Jongke Lor, Sendangadi, Mlati Sleman. Tepatnya adalah di Jl Mulungan Baru sekitar 1 Km dari RM Pringsewu Sleman. Letak warung persis diujung kompleks perumahan Asoka III. Dari RM Pringsewu belok kanan mengikuti jalan beraspal. Setelah sekitar 1 Km terdapat plang (penunjuk arah) belok ke kanan sekitar 100 meter. Anda sudah tiba di halaman parkir Kebon Ndelik.

Jam Operasional

Mulai pukul 11.00 – sore. (biasanya warung langsung tutup saat stok menu habis). Khusus akhir pekan, buka sampai malam hari. Supaya tidak kecele, alangkah baiknya telpon dulu Bram Nanindya di 0856.4745.5555.

Harga

kebon-ndelik06Bervariasi, tapi secara umum cukup terjangkau.
Satu orang cukup membayar Rp 20.000 sudah bisa mencicipinya.
Ada pula sistem paket seharga Rp 14.500 (nasi, ayam goreng/ungkep, plus lalapan dan sambel serta minum).
Iga sapi satu porsi Rp 12.000.
Jeroan @ Rp 5.000
Ayam kampung Rp 11.000.
Kalau berombongan sekitar 25 orang cukup dengan dana sekitar Rp 600.000.

Fasilitas

Kebon Ndelik memiliki 9 ruangan berupa saung. Anda bisa memilih yang fasilitas duduk dengan meja dan kursi, ataupun lesehan. Satu diantara saung itu dibangun dengan sistem panggung dengan view menghadap ke sawah. Warung makan ini sangat dekat dengan masjid. Halaman parkir sangat luas sekitar 400 meter persegi. Bangunan Kebon Ndelik berbahan bambu dan kayu dengan nuansa Jawa Klasik.

0

 likes / 3 Comments
Share this post:
  • Any Astutie says:

    Empuknya….rasanya……uueenak tenan……

  • rizki andini putri says:

    favorit! :)

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec