air terjun Lengkongsari

Gunungkidul, wilayah paling timur Yogyakarta ini terkenal akan tanahnya yang tandus. Akan tetapi siapa sangka dibalik gersang dan tandusnya, kawasan ini menyimpan potensi wisata yang menakjubkan

Satu diantaranya adalah lima buah air terjun atau jurug yang terdapat dalam satu kawasan. Maka tak mengherankan jika Bupati Gunungkidul, Badingah saat meresmikan Desa Wisata Jurug Taman Sari mengatakan ada surga tersembunyi di balik pengunungan Gunungkidul.
Adalah air terjun Grejek-Grejek, air terjun Kroyo, air terjun Jurug Lengkongsari, air terjun  air terjun grejek-grejek  Bubut serta air terjun Banyu Sumurup. Dimana ke lima air terjun memiliki spesifikasi yang berbeda dan keunikan tersendiri. Bahkan air terjun ini juga memiliki legenda masing-masing. Sehingga pesona yang ditawarkan desa wisata ini bukan sekadar air terjunnya, namun juga sisi mistisnya menyelimuti ke lima air terjun tersebut.
Selama ini keindahan pantai di sepanjang Gunungkidul menjadi primadona wisata di wilayah ini. Namun sekarang ada alternatif wisata yang membuat kita fresh kembali setelah mengunjungi wisata alam air terjun yang terletak di Semoyo Patuk Gunung Kidul. Disana kita tidak hanya bermain air namun juga dapat berpetualang baik di alam terbuka maupun menyusuri goa atau terowongan, seperti halnya Goa Pindul.
Selain disuguhi panorama alam, berkunjung ke Jurug Taman Sari, Anda juga diajak untuk larut dalam budaya setempat, terkait keberadaan Roro Jonggrang. Setiap orang yang berwisata ke Jurug Taman Sari akan merasakan bagaimana masyarakat melestarikan budaya Jawa yang adi luhung.
Menurut Ketua Pokdawis Jurug Taman Sari, Sutarji, air terjun Jurug Taman Sari ini menawarkan sensani yang berbeda. Bila obyek wisata lain kita hanya menikmati keelokan air terjun, maka di Jurug Taman Sari, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan wisata. Seperti tracking, tawu atau mencari ikan, peternakan dan pertanian serta tentunya jelajah alam.
“Jurug Taman Sari bisa menjadi pilihan utama untuk berwisata. Apalagi masyarakat kota yang mendambakan ketenangan. Suasana desa yang masih alami dengan gemercik air terjun akan membawa alam bawah sadar pengunjung ke dalam keheningan,” sanjung Sutarji pada air terjun Jurug Taman Sari.air terjun Lengkongsari2
Jurug Taman Sari dengan andalan air terjun Lengkongsari merupakan air terjun kembar dengan ketinggian sekitar 28 meter. Air terjun yang berada di lembah ini memiliki suhu antara 20-23 derajat celcius. Di Lengkongsari sangat cocok untuk para pasangan yang akan melakukan pemotretan pre weeding.
Setelah puas di Lengkongsari, kita dapat berjalan menyusuri sungai menuju air terjun Grejek-Grejek. Air terjun yang memiliki ketinggian 41 meter ini bagai seekor ular yang tengah berjalan diantara bebatuan. Di sebut Grejek-Grejek karena air terjun mengalir dari ketinggian dengan membentuk aliran panjang, sedangkan posisi atas air terjun bebas.
Sedangkan di lokasi air terjun Banyu Sumurup, Anda akan melihat air yang turun disela-sela batu purba yang menyerupai wajah manusia, diatasnya terdapat sungai dan membentuk sebuah goa atau terowongan. Di sini setiap pengunjung dapat memasuki terowongan, sama halnya Goa Pindul, dengan dipandu anggota pokdawis setempat. Karena terowongan ini bagi warga setempat diyakini sebagai tempat yang wingit pengunjung harus hati-hati, tidak boleh bicara sembarangan.
Setelah puas mengunjungi semua air terjun, anda dapat bersantai sejenak di Taman Tlatar Gede. Taman berupa batu besar merupakan tempat bersantai sejenak sembari menikmati panorama alam yang eksotis. Di atas batu ini juga dapat meneropong dari jauh Gunung Api Purba Nglanggeran.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec