18
Sep-2013

Kamis Malam, Peringati Zhing Qui Jie di Klenteng Poncowinatan

News   /  

Perayaan zhing qui jie atau dikenal dengan makanan khas kue bulan saat bulan purnawa bersinar penuh (full moon) akan digelarJogja Chinese Art and Culture Center (JCACC), mala mini (19/9). Acara rutin tahun ini akan digelar di Klenteng Zhen Ling Gong Jalan Poncowinatan (Pasar Kranggan) Kota Yogyakarta.

Tahun ini, JCACC sebagai gabungan berbagai organisasi Tionghoa di Yogyakarta dalam bidang budaya menunjuk organisasi Bhakti Loka sebagai koordinator acara.

Ketua Panitia Perayaan Zhong Qui Jie Aryanto Tirtowinoto dari Bhakti Loka mengatakan, selain kue bulan juga ada Liong Dupa.

“Acara dimulai pukul 18.00 dan Lion Dupa sudah ada di Kelenteng. Nanti, pengunjung bisa datang dan boleh menancapkan dupa,” papar Aryanto didampingi Humas JCA CC Ohim Sindudisastra Rabu (18/9).

Nantinya, ada Cici dan Koko yang berdandan ala Zhong Qiu Kie yang menjadi among tamu. Acara dimulai pukul 18.30 dan dibuka dengan opening dengan doa tujuh pemuka agama, dari Islam, Buddha, Koh Hu Cu, Tao, Katolik, Kristen, dan Hindu. Kemudian, dilanjutkan pemberkatan dengan penancapan dupa pada Liong Dupa dan diarak keliling. Para pengunjung yang datang bisa memegang Lion Dupa sebelum dibakar.

Di sela acara, ada lelang paket buah mulai Rp 2 juta, Liontin Dwi Kwan Im seharga Rp 10 juta dan penampilan Barangsao lantai. Rencananya, acara berakhir pukul 21.30.

Perayaan Tiong Chiu atau Festival Kue Bulan (Mooncake Festival) merupakan perayaan dalam budaya Tionghoa di pertengahan musim gugur atau dikenal dengan sebutan Mid-Autumn Festival. Kue bulan adalah penganan tradisional Masyarakat Tionghoa yang menjadi sajian wajib pada perayaan ini, sekaligus diramaikan dengan Kirab Ritual Liong Dupa dan Barongsai Tonggak.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec