11
Nov-2015

KARNAVAL GELAR BUDAYA KAMPUNG SENIMAN

Kampung Nitiprayan, Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan , Kabupaten Bantul, DIY merupakan sebuah kampung yang sarat nuansa seni. Kegiatan keseharian penduduk sekitar dan lingkungannya telah mempolarisasi ke arah kehidupan berkesenian yang kental.

Pada awalnya, kampung ini sama halnya dengan kampung-kampung di Bantul  lainnya. Namun pada perkembangannya, kampung ini menjadi pemukiman para seniman di Yogyakarta. Mula-mula para seniman ini indekost di kampung yang masih memiliki sawah cukup luas, meskipun jarak dari pusat kota Yogyakarta hanya sekitar 3 kilometer. Setelah indekost, para seniman merasa Karnaval Gelar Budaya Jomegatan 3kerasan kemudian membeli tanah di sekitar tempat indekostnya, bahkan banyak yang mencari pasangan hidup warga sekitar. Sejumlah seniman yang pernah bermukin di kampung Nitiprayan antara lain Teguh Wiyatno, Putu Sutawijaya, Kuss Indarto, Ong Hari Wahyu, Djoko Pekik, Made Sukadana, Hedi Hariyanto, Gusti Ngurah Udiantara, Dadang Christanto, Entang Wiharso, sejumlah seniman teater seperti Whani Dharmawan, Heru Kesawamurti, koreografer Lies Apriani dan sejumlah nama lainnya.

Para seniman yang bermukim di kampung ini pelan-pelan mulai menginspirasi Karnaval Gelar Budaya Jomegatan 1warga sekitar sehingga mulai terbiasa dengan kreativitas berkesenian, antara lain aktivitas tahunan yang dinamai Karnaval Gelar Budaya. Kegiatan ini sudah secara rutin digelar warga sejak tahun 2004 silam.

Karnaval Gelar Budaya yang diselenggarakan pada Minggu, 8 November 2015 lalu, benar-benar menampilkan daya cipta berkesenian warga Nitiprayan dan Jomegatan. Karnaval sepanjang 2,5 kilometer yang dimeriahkan 18 kelompok yang terdiri atas warga di 18 RT. Uniknya, dari beberapa penampil ada yang memanfaatkan dedaunan  dan barang-barang bekas. “Hal ini membentuk sikap kemandirian dalam berkesenian dan mengikis sifat konsumtif,” kata Ong Hari Wahyu, salah satu seniman yang kini bermukim di desa itu.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec