26
Sep-2015

Karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi di Denggung

Minggu 27 September 2015 pukul 13.00–17.00 wib digelar puncak acara dalam rangkaian kegiatan Pelangi Budaya Bumi Merapi 2015. Acara berupa karnaval ini, berlangsung di Lapangan Denggung Sleman, melibatkan 1.700 peserta dari lebih dari 50 kontingen. Peserta diantaranya adalah dari berbagai elemen komunitas seni budaya dan stakeholder pariwisata  serta komunitas mahasiswa luar daerah diantaranya komunitas mahasiswa Bali, Banjarnegara dan Kalimantan Barat.

Rangkaian kegiatan Pelangi Budaya Bumi Merapi berlangsung sejak Jumat, 25 September 2015. Rangkaiana kegiatan berlangsung hingga 27 September 2015. Seluruh kegiatan diawali dengan Kirab Tiga Dimensi atau Ogoh-Ogoh, Jumat 25 September.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman , Ir AA Ayu Laksmi Dewi TP MM hari pertama ditampilkan ogoh-ogoh dari 17 kecamatan. Ogoh-ogoh yang ditampilkan membawa ciri khas tiap kecamatan. Untuk kecamatan Depok misalnya, menampilkan Ogoh-Ogoh patung Affandi, Kecamatan Kalasan menampilkan Ogoh-Ogoh Ayam goring dan  Kecamatan Prambanan menampilkan Ogoh-Ogoh Candi.

Kirab ini mengambil start dari Lapangan Denggung menuju Lapangan Pemda Sleman melalui Jl. KRT Pringgodiningrat.

Assekda III Dra Suyamsih mengatakan kegiatan Pelangi Budaya Bumi Merapi ini merupakan salah satu upaya strategis, untuk melestarikan warisan budaya tradisional. Jangan sampai, warisan budaya yang ada punah. Apalagi, berbagai macam kesenian tradisional mengandung nilai-nilai dan pesan moral yang tinggi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan.

“Kita patut bersyukur dan bangga, bahwa kita memiliki potensi seni dan budaya yang sangat beragam. Dengan upaya regenerasi, diharapkan pelaku-pelaku kesenian dapat berlangsung secara berkesinambungan dan tidak terputus, sehingga kelestarian seni dan budaya dapat terus terjaga,” kata Suyamsih.

 

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec