15
Oct-2014

Ke Beringharjo, Inilah Tempat Nyaman Bagi Si Kecil

Berkunjung ke Pasar Beringharjo, tidak akan pernah ada habisnya. Apapun ada di pasar tradisional terbesar di DIY ini. Tak heran, pengunjung kerap lupa waktu saat menjelajah ke setiap sudut dan lorongnya

RSIA Beringharjo5Dulu, lupa waktu di Pasar Beringharjo menjadi persoalan tersendiri. Utamanya bagi pengunjung yang membawa serta si kecil. Bisa dibayangkan, betapa si mungil akan sangat letih dan mungkin jenuh dengan hiruk pikuk suasana pasar. Terlebih bila di siang hari saat matahari tengah terik, maka ditengah kerumunan dan kepadatan pasar, udara akan sangat gerah dan tidak nyaman bagi anak-anak.

Tapi sekarang, rengekan ataupun tangis anak-anak ditengah pasar yang berlokasi di ujung Jalan Malioboro ini, sangat jarang terdengar. Sebaliknya, canda dan teriakan senang kerap terdengar di sisi selatan pasar, persisnya di sebelah barat Masjid Muttaqien. Disanalah berdiri Ruang Sahabat Ibu dan Anak (RSIA). Sebuah fasilitas yang relatif masih baru di Pasar Beringharjo. Bahkan, saat ini fasilitas yang sama belum bisa ditemui di pasar-pasar lainnya di DIY. Di Ruang Sahabat Ibu dan Anak yang diinisiasi dan dibangun oleh PT Sari Husada inilah, anak-anak tetap bisa bermain dengan nyaman sembari menunggu orang tuanya berbelanja.

RSIA Beringharjo3Ruangan berukuran sekitar 3 x 6 meter di serambi masjid ini dilengkapi dengan berbagai macam barang mainan serta buku-buku anak. Diresmikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada 14 Juli 2013 lalu, RSIA ini juga berpendingin udara dan selalu dijaga oleh petugas khusus sehingga aman bagi anak-anak yang dititipkan. Selain anak pedagang dan pengunjung pasar, fasilitas ini juga kerap dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang sengaja datang untuk membiarkan anak mereka bermain dengan leluasa.

Menurut Public Relations PT Sarihusada Endah Prasetioningsih RSIA di Pasar Beringharjo ini menjadi yang pertama kali dibangun bekerjasama dengan Pemkot Jogja dan Takmir Masjid Muttaqien.

Fasilitas ini sekaligus untuk memperkuat predikat Jogja sebagai Kota Layak Anak
Lokasi : Sisi selatan berseberangan dengan Pasar Beringharjo, di serambi Masjid Muttaqien.
Fasilitas : Aneka mainan, buku-buku bacaan bergambar, ruang berpendingin udara. Ada juga ruang untuk menyusui, mengganti popok dan lain sebagainya. Fasilitas ini bisa dipakai gratis tanpa biaya.
Jam Buka : Pukul 08.00 – 16.00 wib setiap hari.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec