17
Jan-2019

Kembul Sewu Dulur Saparan Rebo Pungkasan

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/01/sewu-dulur-kayangan-1.jpg” align=”right” lightbox=”true” title=”Kembul Sewu Dulur” link=”” width=”200″ height=””]Setiap hari Rabu pekan terakhir di bulan Sapar pada kalender Jawa, ada acara tradisi yang sayang untuk dilewatkan. Saat itulah, warga dari 7 dusun di Desa Pendoworejo, Girimulyo Kulonprogo, berkumpul menyatu mengikuti acara Kembul Sewu Dulur Saparan Rebo Pungkasan.

Warga, tua muda, besar kecil, laki perempuan, berkumpul di Bendung Kayangan Desa Pendoworejo. Biasanya, acara ini melibatkan ratusan atau bahkan ribuan orang. Bukan hanya warga dari dusun-dusun sekitar, tapi juga wisatawan, atau warga dari luar wilayah yang ingin menyaksikan jalannya acara.

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/01/sewu-dulur-kayangan-2.jpg” align=”left” lightbox=”true” title=”Kembul Sewu Dulur” link=”” width=”200″ height=””]Diantara mereka, menyelip sejumlah orang yang berbusana Jawa komplit. Biasanya merekalah yang mendapat tugas khusus dalam rangkaian acara ritual ini. Sebagian lagi, mengenakan pakaianan layaknya busana “olah keprajuritan”. Mereka inilah yang akan memandikan Jarang Kepang dan sekaligus mementaskan jathilan sebagai sarana hiburan untuk yang hadir.

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/01/sewu-dulur-kayangan-3.jpg” align=”right” lightbox=”true” title=”Kembul Sewu Dulur” link=”” width=”200″ height=””]Kembul Sewu Dulur Saparan Rebo Pungkasan, merupakan tradisi turun temurun sebagai ajang silaturahmi serta syukur atas berkah yang diberikan Tuhan. Acara diawali dengan arak-arakan tenongan berisi ubarampe seperti nasi golong, bothok lele, panggang mas serta aneka jajan pasar. Setelah masyarakat berkumpul, seluruh tenongan tersebut kemudian didoakan dalam sebuah kenduri yang dipimpin oleh sesepuh desa dan sejumlah tokoh spiritual. Selanjutnya, semua ubarampe dibagikan kepada yang hadir untuk disantap bersama. Sembari menikmati makanan, pentas jathilan pun dimainkan.

Konon, acara ini digelar sebagai bentuk pengetan atau memperingati sesepuh atau cikal bakal wilayah tersebut. Yakni Mbah Bei Kayangan. Tokoh ini dipercaya sebagai salah satu utusan dan abdi dalem Prabu Brawijaya V yang melarikan diri dari Majapahit.

Lokasi

Bendung Kayangan, berlokasi di perbukitan Menoreh Desa Pendoworejo, Girimulyo Kulonprogo. Bendung tersebut merupakan pertemuan Sungai Ngiwa dengan Sungai Gunturan. Dari Jogja, lokasi bisa dicapai melalui Godean yang masuk wilayah Sleman terus menuju ke arah barat. Sesampainya di simpang empat Kentheng, masih ke barat lagi sekitar 1 Km hingga pertigaan kemudian berbelok ke kanan menuju ke sungai tempat penyelenggaraan acara.

Transportasi

Untuk menuju lokasi, sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Bisa sepeda motor atau mobil.

Jadwal

Acara digelar mulai pukul 10.00 WIB setiap Rabu pekan terakhir di bulan Sapar (pada kalender Jawa).

Acara

[pictureframe image=”http://www.jalanjogja.com/wp-content/uploads/2013/01/sewu-dulur-kayangan-4.jpg” align=”right” lightbox=”true” title=”Kembul Sewu Dulur” link=”” width=”200″ height=””]Selain acara tradisi berupa kenduri atau makan bersama, pengunjung juga akan disuguhi pentas jathilan, serta ritual ngguyang memandikan jaran kepang atau kuda lumping dan ngguyang topeng yang disebut sudah berusia 200 tahun. Acara ritual ngguyang ini juga terbuka untuk umum. Siapapun bisa ikut “memandikan” pusaka atau barang-barang lain dengan syarat harus mendaftar dulu kepada panitia. Tokoh yang memandikan, biasanya dihadirkan dari Jogja, diantaranya Ki Gondo Srigarbo dan Ki Screen Karya juru kunci Taman Makam Pejuang 45.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec