02
Nov-2015

Keris Summit: Mengenal Lebih Dekat Pusaka Bangsa

Keris Summit 6

Keris memiliki posisi yang istimewa di masyarakat Indonesia dan Melayu. Tidak hanya dianggap sebagai senjata, keris juga dikagumi karena keindahan dan nilai magisnya.

 

Ribuan pemerhati keris dari berbagai daerah di Indonesia datang silih berganti ke kawasan Benteng Vredeburg, Yogyakarta. Sejak Kamis 29 Oktober hingga Minggu 1 November 2015, di lokasi ini digelar Keris Summit. Ini adalah acara yang Keris Summit 7mempertemukan mereka yang terkait dengan senjata indah tersebut, baik itu sekadar pemilik, penggemar kelas berat, pembuat, pedagang sampai yang memandang keris sebagai sumber kekuatan tertentu. Ada sekitar 650 keris dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan dari Perancis, Malaysia, Belanda dan Singapura yang dipamerkan.

Ada sembilan rumpun keris yang hadir dalam acara ini, yaitu rumpun Sumatra, Jawa Barat, Yogyakarta, Solo, Jawa Timur, Madura, Bali-Lombok, Sulawesi, dan rumpun Kamardikan. Rumpun Kamardikan adalah keris-keris yang dibuat di era Keris Summit 5kemerdekaan, alias usianya belum seberapa tua. Keris dari Malaysia dan Singapura adalah keris yang diproduksi oleh seniman di negara itu sendiri, dan termasuk dalam jenis keris Melayu. Sedangkan keris dari Perancis dan Belanda, adalah keris buatan Indonesia yang oleh pemiliknya sudah dibawa ke negara tersebut. Kini, keris itu kembali ke Indonesia untuk dipamerkan.

Dari ratusan keris yang dipamerkan, beberapa keris bisa dianggap cukup istimewa. Misalnya keris dari Kerajaan Gowa, Solo, dan Yogyakarta, yang sebagian memiliki sarung berlapis emas.Karena istimewa, keris-keris jenis ini bahkan dijaga secara khusus. Misalnya keris dari kerajaan Gowa yang merupakan milik bangsawan disana. Kemudian keris milik Pakubuwono yang sudah berusia ratusan tahun. Dan Keris Summit 1beberapa keris berlapis emas dan memiliki berlian di dalamnya.

Di Keris Summit ini, selain pameran, juga dilakukan kegiatan jual beli keris, workshop pembuatan keris. Kita juga bisa mengenal lebih dekat mengenai asesoris keris seperti pendok, deder, dan rangka. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY dan Paguyuban Pemerhati Tosan Aji Yogyakarta (Mertikarta).

Yang menarik, di Keris Summit penggemar keris bisa menemukan pengetahuan yang sesuai dengan ketertarikannya terhadap keris. Yang menganggap keris sebagai benda seni bernilai tinggi, bisa berdialog dengan sesame penggemar jenis Keris Summit 3ini. Tetapi bagi mereka yang melihat keris sebagai pusaka dengan keistimewaan tertentu, juga tidak sulit menemukan kawan berbagai ilmu.

Diharapkan, acara ini akan menjadi agenda tahunan ke depan. Selain untuk melestarikan keris itu sendiri, juga untuk memberi tempat bagi pemerhati pusaka ini untuk saling berbagi informasi.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec