31
Aug-2015

KETIKA SOKO GURU SUDAH DICOPOT

 

“..House for sale, you can read it on the sign,

house for sale..it was yours and it was mine,

and tomorrow some strangers,

will be climbing up the stairs,

to the bedroom filled with memories,

the one we used to share…”.

Lagu jadul tahun 70-an yang dinyanyikan Kelompok musik The Lucifer itu terus-menerus berdenging di telinga bathin saya, ketika menyaksikan para pekerja mencopot satu-persatu bagian dari rumah pendopo gaya Kotagede yang sebagian besar berbahan kayu jati. Ada perasaan kehilangan yang tiba-tiba muncul, kemudian melayang makin jauh, lalu tak tersentuh. Saya yang hanya menjadi saksi saja ikut didera perasaan itu. Tak terbayangkan perasaan para ahli waris yang memiliki hak atas rumah itu. Sesuatu yang setiap saat dapat mereka sentuh, mereka usap, mereka tatap secara nyata, yang menyimpan kenangan masa lalu kehidupan mereka, suatu ketika harus mereka relakan pergi, tak tersentuh lagi.

Para pekerja hilir mudik mengangkut ke luar tiang-tiang penyangga rumah, lembaran-lembaran ukiran yang usianya sudah sekitar 120 tahun. Terakhir mereka mencopot susunan soko guru, empat tiang penyangga utama yang berada di pusat bangunan, yang menjadi ciri khas rumah pendopo. Maha karya seni arsitektur leluhur masyarakat Kotagede itu selanjutnya dikemas dan dimasukkan ke bak kendaraan pengangkut yang akan membawanya pergi.

Satu lagi karya cipta yang mampu menunjukkan sebuah identitas, teruji kelenturan adaptasinya dengan lingkungannya harus dilepas menjadi hak orang lain. Padahal selama kurun waktu lima bulan ini, saya sudah mendengar khabar ada dua lagi rumah pendopo Kotagede yang juga dijual. Lagi-lagi oleh kepentingan yang namanya “kebutuhan hidup”.

 

Foto-foto: Himawan

Naskah: Himawan

 

 

 

Joglo Kotagede Dibongkar 4 Joglo Kotagede Dibongkar 3 Joglo Kotagede Dibongkar 2 Joglo Kotagede Dibongkar 1 Joglo Kotagede Dibongkar 6 Joglo Kotagede Dibongkar 5

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec