17
Sep-2013

Kidung Resto dan Kolam Pancing Angkat Potensi Kawasan Bokoharjo Prambanan

News   /  

Kawasan wisata Bokoharjo Prambanan, bertambah dengan fasilitas kuliner dan kolam pemancingan. Bernama Kidung Resto dan Kolam Pancing, fasilitas ini berlokasi di Dusun Jamusan, Desa Bokoharjo Kecamatan Prambanan. Persisnya disisi kanan ruas jalan alternatif Kalasan-Bokoharjo sekitar 4 kilometer dari ruas jalan utama Jogja-Solo di Kalasan.
Untuk menuju lokasi ini, pengunjung yang melintas di jalan utama antara Prambanan-Jogja bisa berbelok ke arah selatan di pertigaan Kalasan menuju kearah Bokoharjo. Sekitar 2 kilometer menuju Bokoharjo, selanjutnya berbelok lagi ke kanan menuju desa Jamusan. Nah, Kidung Resto dan Kolam Pancing berlokasi di sisi timur kampung Jamusan dengan view perbukitan Bokoharjo dan tentu saja Candi Prambanan. Sesekali, diatas langit Jamusan juga melintas pesawat yang ingin landing ataupun take off, menjadi intermezzo saat pemancing menanti sambaran ikan di mata kailnya.
Menurut AKP Agus Winarno selaku pemilik Kidung Resto dan Kolam Pancing ini, menjadi pintu awal bagi upaya mengangkat potensi-potensi lokal di Dusun Jamusan dan sekitarnya. Sebagai dusun yang tak jauh dari kota dan bandara sebagai pintu masuk ke Jogja, Jamusan dan sekitarnya masih menawarkan suasana kampung nan asri, komplit dengan kehidupan sosial tradisional.
Sektor pertanian, mampu bertahan berdampingan dengan kehidupan yang mengarah ke modern. Berbagai kesenian tradisional juga masih bertahan, seperti jathilan, gamelan serta musik campursari dan sejenisnya.
“Selama ini, potensi itu belum terangkat dan dikenal masyarakat luas. Karena kampung Jamusan tidak di pinggir jalan utama, melainkan agak masuk ke dalam. Tapi sekarang, akses jalan menuju Jamusan sudah jauh lebih bagus sehingga tidak sulit bagi tamu yang ingin datang,” kata Agus saat soft launching Kidung Resto dan Kolam Pancing, 15 September 2013. Soft launching dimeriahkan dengan pentas jathilan serta mancing gratis bagi warga sekitar.
Perwira di Korps Brimob Jogja ini mengatakan, selain memuaskan hobi memancing, tamu yang datang tentu berkesempatan menikmati hasil memancingnya dengan beragam jenis masakan. Dan yang akan sulit ditemukan di lain tempat, adalah tambahan fasilitas berupa pentas musik atau live music dengan lagu-lagu Jawa yang menjadi potensi kampung Jamusan.

0

 likes / 2 Comments
Share this post:
  • waskito says:

    wah bagus nih… bisa jadi meramaikan kampungku…
    perkenalkan saya waskito salah satu warga di desa jamusan. sp tau dari perkembangan bisnis nanti bisa bekerja sama,,, 🙂

  • widodo says:

    Congratulation. Semoga menjadikan dusun jamusan lebih di kenal. Dan mdh2an jg bs berkembang sukses.
    Widodo rt 02/28 jamusan bokoharjo prambanan

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec