28
May-2015

Laguna Indah di Pantai Glagah

Wisata   /   Tags: , ,

pantai-glagah1Senang dengan wisata pantai? Pantai Glagah di Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta bisa jadi pilihan. Destinasi satu ini berjarak sekitar 40 kilometer arah Barat Jogja, dan 15 kilometer dari Kota Wates Ibukota Kabupaten Kulonprogo. Perjalanan bisa ditempuh hanya 1 jam dari Jogja menuju arah Purworejo.

Ada beberapa obyek wisata menarik yang bisa dinikmati di sini. Pertama, Dermaga Wisata yang tidak jauh dari loket retribusi. Di Dermaga Wisata terdapat sebuah gardu pandang, tempat para pengunjung menikmati pemandangan indah kawasan Muara Sungai Serang – Pantai Glagah. Selain gardu pandang, di sini juga terdapat fasilitas mushola, kamar mandi dan taman. Dalam beberapa tahun ke depan, daerah ini rencananya akan dibangun menjadi pelabuhan.

pantai-glagah2Obyek wisata kedua adalah laguna yang berada sekitar 300 meter dari Dermaga Wisata. Laguna di Pantai Glagah merupakan salah satu fenomena alam yang tidak banyak dimiliki oleh pantai-pantai lain di Indonesia. Laguna adalah semacam telaga atau danau yang diakibatkan oleh terjebaknya ombak laut di daratan yang memiliki cekungan cukup dalam. Oleh karena terjebaknya ombak laut ini, maka air laut yang terperangkap di cekungan menjadi genangan seamacam telaga.

Laguna ini membagi kawasan pantai menjadi dua, yaitu lokasi yang masih ditumbuhi rumput dan tanaman pantai dengan area penuh gundukan pasir yang berbatasan langsung dengan lautan. Tempat ini paling sering dipenuhi dengan anak-anak yang mandi atau bermain air di pantai karena jauh dari ombak. Di laguna ini juga banyak pengunjung yang mendayung sampan kecil sambil menikmati pemandangan kebun buah naga yang berada di tepi pantai.

pantai-glagah4Pantai Glagah juga memiliki wisata air seperti memancing, perahu motor, sampan atau kano. Anda bisa berkeliling pantai menggunakan kano sewaan. Di hari biasa hanya terdapat 5 sampai 10 kano, tapi di hari libur bisa mencapai 15 hingga 20 kano. Namun selain itu di pantai ini ada juga objek lain yang dapat dijadikan tujuan wisata yakni Pelabuhan Tanjung Adikarto yang kini tengah dikerjakan pembangunannya. Pelabuhan ini, rencananya akan mampu dirapati perahu atau kapal berbobot ratusan ton dan menjadi pelabuhan terbesar di Asia Tenggara. Ada objek lain lagi, yakni kebun buah naga dan pertanian melon dan semangka yang menjadi produk pertanian andalan di kawasan berpasir ini.

Pada bagian barat dari pantai ini terdapat hamparan perkebunan buah naga yang kemudian dikelola menjadi agrowista dengan nama Kusuma Wanadri. Agrowisata ini memiliki keluasan areal mencapai 3,5 hektar. Saat ini areal seluas itu tidak hanya digunakan untuk penanaman buah naga saja melainkan juga dimanfaatkan untuk kantor, rumah makan, kios, dan lahan tanaman herbal.

Jadi, setiap pengunjung objek wisata Pantai Glagah dapat menikmati sekian macam objek wisata sekaligus. Setidaknya bisa menikmati Dermaga Wisata Glagah, Pelabuhan Tanjung Adikarto, Laguna Pantai Glagah, Kebun Buah Naga, dan Pantai Glagah itu sendiri. Seandainya pun belum cukup, maka Anda masih bisa mengunjungi obyek lain yakni Pantai Congot yang berada dalam satu kawasan dengan Glagah.

Kuliner

pantai-glagah5Menu seafood tersedia di warung Yu Sum, tepat di ujung barat pantai Congot, yang menjadi satu rangkaian dengan Glagah. Dari kawasan Glagah, Anda bisa mencapainya dengan menyusuri jalan di tepi pantai ke arah barat. Setelah melewati kawasan Pantai Congot, jalan akan berbelok ke kanan (utara) hingga bertemu dengan jalur utama selatan (Jalan Deandels). Di sisi utara pertigaan besar inilah warung seafood Yu Sum berada. Jika sekedar menu pengganjal perut, ada banyak warung kecil di sepanjang pantai.

Penginapan

Tersedia sejumlah losmen kecil jika memutuskan untuk menginap, meskipun dengan fasilitas yang terbatas. Hiburan malam belum tersedia, sehingga lebih baik merencanakan sendiri kegiatan di malam hari.

Transportasi

Bus umum tersedia dalam jumlah yang terbatas. Kendaraan pribadi lebih direkomendasikan. Jalan menuju ke obyek wisata dalam kondisi bagus dan bisa dilewati hampir semua jenis kendaraan. Lokasi pantai berada antara kota Wates dan Purworejo, sekitar 15 menit dari pusat kota Wates ke arah barat.

Suvenir

Buah semangka dan buah naga bisa jadi oleh-oleh. Jika sedang musim, durian juga tersedia.

1

 likes / 2 Comments
Share this post:
  • Wisataku says:

    wow pantai glagah top banget keren… jadi ingin segera mengunjunginya… salam wisata…

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    code

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec