29
Oct-2015

Lava Bantal, Masih Layakkah Dikunjungi?

Judul atau pertanyaan di atas bukan bermaksud menjelekkan keberadaan Lava Bantal yang memiliki nilai sejarah tinggi. Mengingat obyek wisata ini baru dalam hitungan bulan diresmikan sudah tampak tidak terawat.

 

lava bantal 4Wisata alam Lava Bantal yang belum genap satu tahun diresmikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X ini, kini terlihat kurang terawat. Sebagian alur sungai di jalur Lava Bantal tertutup sampah dan tertimbun tanah galian proyek. Apalagi di sisi timur aliran sungai saat ini tengah ada proses pembangunan irigasi yang terkesan mengesampingkan keberadaan Lava Bantal.

Kondisi yang hampir serupa juga terlihat di atas sungai. Alam tak lagi hijau dan jalanan yang masih berupa jalan tanah dan berbatu tampak rusak  dan sangat berdebu akibat dilalui kendaraan berat, truk yang mengangkut material. Di kawasan ini bahkan tidak terlihat masyarakat yang tampak menjaga kawasan wisata alam ini.

lava bantal 2Bukan itu saja, papan petunjuk atau spanduk yang dibentangkan di antara dua pohon telah rusak berat, memberi kesan obyek wisata ini tidak dikelola secara profesional. Sehingga pengunjung yang akan singgah, boleh jadi akan membatalkan niatnya karena tempatnya tak lagi nyaman. Apalagi di kala siang hari, cuaca yang panas dan tidak adanya tempat untuk berlindung, membuat wisatawan enggan menikmati keelokan Lava Bantal.

Keelokan Lava Bantal yang tidak ada duanya ini semestinya menjadi daya tarik serta unggulan wisata di Yogyakarta. Berupa jalur gunung api purba yang saling menyambung sampai di gunung api purba Nglanggeran Pathuk Gunung Kidul. Sayangnya, kesan pengelolaan wisata alam dengan menawarkan keunikan Lava Bantal, seolah masih setengah hati.

Dan melihat kondisinya yang sangat memprihatinkan ini, maka pertanyaan di atas, masih layakkah wisata alam yang terletak di Watuadeg Jogotirto Berbah Sleman ini dikunjungi kiranya tidak berlebihan bila melihat kondisi alamnya yang tidak nyaman untuk melepas lelah. Sebagai destinasi yang tidak hanya menawarkan wisata alam namun juga wisata edukasi, seharusnya keberadaannya harus dijaga dengan baik.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec