30
Sep-2013

Lomba Perkutut Piala Raja Sedot Wisatawan

News   /  

Lomba Perkutut Piala Raja Hamengku Buwono Cup XXIVdi Alun-alun Kidul Kraton Yogyakarta mampu menyedot wisatawan. Bukan saja wisatawan regular yang kebetulan sedang melancong ke kawasan tersebut, tapi juga para peserta lomba yang datang dari berbagai wilayah se-Indonesia. Bahkan, lomba ini juga diikuti para peserta dari Malaysia, Singapura dan Thailand.

Menurut Ketua Panitia sekaligus Ketua Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia (P3SI) DIY PM Suyanto, Lomba Perkutut Piala Raja telah menjadi event tahunan yang selalu dinanti para penggemar perkutut. Tak heran jumlah peserta dari tahun ke tahun selalu meningkat.

“Tahun ini, peserta kita tercatat mencapai 315 burung dengan 8 blok. Tahun lalu hanya 6 blok. Selain itu, peserta dari manca juga berdatangan, antara lain dari Singapura, Malaysia dan Thailand. Ini bukti, bahwa event ini semakin diakui secara luas, bukan hanya di Indonesia tapi hingga ke manca negara,” kata Suyanto, disela-sela pelaksanaan lomba, Minggu 29 September 2013.

Tahun ini, lomba kerjasama antara P3SI dengan Kraton Jogja ini tercatat sudah yang ke 24 kalinya terselenggara. Acara ini, dihadiri oleh Ketua Umum P3SI Jend Purn Zaenuri Hasyim, GBPH Prabukusumo serta Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir SH. M.Hum.

Melengkapi lomba, pihak panitia juga mengadakan lelang bibit perkutut unggul. Lelang diikuti oleh sejumlah peternak papan atas di Indonesia. Lelang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peternak-peternak di daerah, untuk mendapatkan bibit perkutut kualitas baik.

Dengan demikian, event ini bukan sekedar menjadi ajang lomba, melainkan juga menjadi media tukar pikiran dan tukar pengalaman mengenai burung perkutut. Juga sekaligus menjadi ajang berburu perkutut kualitas unggul untuk memperbaiki kualitas indukan di kalangan peternak lokal.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir SH M.Hum mengakui, banyaknya event di Jogja mampu mendorong angka kunjungan wisata ke Kota Gudeg. Hal ini dengan sendirinya akan berdampak positif bagi para pelaku bisnis yang terkait dengan pariwisata, mulai perhotelan, restoran hingga para perajin souvenir atau cinderamata dan oleh-oleh.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec