16
Mar-2015

Mampir Sejenak di Watu Amben

Watu Amben 6Bukit Bintang di tepi jalan Jogja-Wonosari dipilih banyak orang untuk menikmati senja dan pemandangan kota dari ketinggian. Padahal ada lokasi dengan sudut pandang lebih bagus, dan tentu saja lebih nyaman untuk menikmati lansekap Jogja, yaitu dari Watu Amben.

Alkisah, ada seorang petinggi dari Kerajaan Mataram yang beristirahat di tempat ini suatu ketika dulu. Dia duduk di atas sebuah batu besar, sambil memandang jauh ke dataran di bawahnya. Posisi dan bentuk batu yang sangat pas untuk beristirahat tepat di bibir jurang, menjadikan banyak warga kemudian mengikuti apa yang dilakukan pejabat Mataram itu. Dan kemudian, dikenalah kawasan ini sebagai Watu Amben.Watu Amben 5

Watu bermakna batu, sedangkan amben adalah balai-balai atau tempat tidur. Sesuai dengan namanya, Watu Amben adalah bongkah batu besar relatif rata. Dia tertanam kokoh di tepi jurang sedalam ratusan meter. Sebelum dikenal banyak orang, menurut cerita warga sekitar, Watu Amben ini lebih sering dipakai oleh pelintas maupun petani sekitar, di sela-sela mencari rumput. Barangkali, dengan menikmati lansekap hijau di bawahnya, rasa lelah bisa hilang dan penat pun terobati.

Lokasi Watu Amben ini ada di selatan Patuk, Gunungkidul. Berada di tepi jalan Patuk menuju Imogiri, tempat ini memang belum bisa menjadi tujuan utama wisata. Ada Watu Amben 3beberapa warung berdiri, menyajikan makanan dan minuman seadanya. Salah satu yang layak dinikmati adalah kelapa muda. Apalagi, ketika siang hari, kawasan ini udaranya cukup panas. Tidak ada cukup banyak pohon perindang, sehingga warung-warung ini menjadi satu-satunya tempat untuk berteduh.

Dari sini, Anda bisa menikmati lansekap kota Jogja dan kawasan sekitar. Memandang jauh sampai ke Gunung Merapi, Merbabu dan Sumbing di horizon. Jika cuaca cukup cerah, Anda bisa cukup beruntung untuk menikmati lansekap ini secara utuh. Pesawat terbang yang naik dan turun di Bandara Adisucipto pun jelas terlihat.

Di senja hari, pemandangannya jauh lebih indah. Waktu terbaik untuk mampir kesini adalah ketika hari beranjak gelap hingga malam hari. Anda bisa menikmati matahari yang turun pelan-pelan di belakang perbukitan sisi barat Jogja. Dan setelah itu, satu persatu kelip lampu kota menyala seperti irama lagu yang diaransemen dengan indah.Watu Amben 4

Memang ada lokasi lain yang lebih popular untuk menikmati senja kota Jogja, yaitu di Bukit Bintang. Namun, Watu Amben memiliki banyak kelebihan dibanding lokasi itu. Selain sudut pandang yang lebih luas, dengan lokasi yang lebih tinggi, Watu Amben juga relatif lebih aman karena tidak berada di tepi jalan besar. Udaranya juga lebih segar, dan angin sepoi yang bertiap tanpa henti membawa kesegaran, tanpa harus menghirup asap kendaraan.

Kini, Watu Amben sudah cukup ditata sebagai tempat transit wisata. Sebaiknya, jadikan Watu Amben sebagai tempat istirahat sesudah Anda berwisata ke kawasan Gunungkidul. Tidak ada salahnya menikmati makan sore di tempat ini, dan beristirahat sampai gelap datang.

Watu Amben1

Lokasi: Sebelah selatan Patuk, dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar 15 menit, mengikuti jalan ke Imogiri.

Tips: Harus membawa kendaraan sendiri karena tidak ada angkutan umum. Bisa membawa makanan dan minuman sendiri meskipun di lokasi juga tersedia, meski seadanya.

Datangnya menjelang sore hari karena di siang hari lokasi ini cukup panas. Pemandangan menjelang senja dan malam hari juga lebih indah.

Kawasan yang dekat dengan tempat ini adalah Kebun Buah Mangunan, Bukit Bintang, dan Gunung Api Purba Nglanggeran

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec