17
Jun-2016

Melacak Masa Kecil Obama di Museum UGM

Foto 1-Museum UGM-Tampak muka

Masa lampau, pastilah berlalu. Namun, jangan lupakan keluhuran nilainya. Jadikan bekal menentukan masa kini untuk menyongsong masa depan gemilang agar berakar kuat, menjulang tinggi.

Kalimat diatas ada di dinding dekat kamar Obama sewaktu berlibur di Yogyakarta. Ya, Barrack Obama, Presiden Amerika Serikat memang memiliki hubungan dengan Indonesia, khususnya dengan Yogyakarta.

Semasa kecil, Obama sering berlibur di rumah dinas Prof Drs Iman Sutiknyo, yang bertugas di UGM. Prof Iman merupakan paman Obama.Foto 2-Museum UGM-Dari waktu ke waktu

Ikon Museum UGM ini tidak hanya tempat tidur dan ruangan di mana Obama kecil berlibur dan menghabiskan waktunya di seputaran UGM. Kiprah kampus kerakyatan ini juga terpapar di museum yang sama. Mulai dari perjuangan dan sumbangan Prof dr Sardjito, Prof. Notonagoro, Mubyarto dan lainnya.

Tokoh-tokoh akademis dari UGM lainnya juga ada. Termasuk barisan nama-nama rektor sejak yang pertama hingga terbaru. Sayangnya, tidak banyak yang tahu, bahwa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memiliki museum dengan koleksinya yang kebanyakan cukup langka.

Foto 3-Museum UGM-Semua rektor adaDi kampus biru ini, sebelumnya lebih dikenal Museum Biologi. Museum yang berlokasi di Jalan Sultan Agung Nomor 22 Kecamatan Mergangsan, Kota Jogja. Sedangkan Museum UGM berada di Kompleks Bulaksumur, tepatnya menempati bekas rumah dinas di Blok D6 dan D7 Bulaksumur. “Keberadaan Museum UGM diharapkan menjadi wahana untuk lebih mengenal universitas negeri tertua di Indonesia itu,” kata Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UGM Suratman, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Anggota Tim Museum UGM Sutaryo menegaskan, keberadaan museum itu sudah lama digagas. Semua itu didasari pemikiran tidak ada universitas yang maju dan berkembang, tanpa hadirnya museum sebagai sumber inspirasi masa depan.

Menurut Sutaryo, sejarah tidak bisa dihentikan. Kehadiran Museum UGM menjadi sarana mengenal jati diri UGM itu sendiri. “Di museum inilah, kita bisa melihat beberapa koleksi yang menjadi bukti peran luar biasa UGM, baik sebagai universitas kerakyatan maupun perjuangan,” tegasnya.foto 4-Museum UGM- Kamar Obama masa kecil di Indonesia

Pada tahap awal, Tim Museum UGM yang dipimpin Daud Aris Tanudirjo fokus pada penelusuran tinggalan bendawi para tokoh, sesepuh, dan pendiri UGM. Seperti Sardjito, Ki Sarmidi Mangunsarkoro, dan lainnya. Selain itu, benda-benda milik Ki Hadjar Dewantara, Notonegoro, Herman Johannes, Koesnadi Hardjasoemantri, dan Hardjoso Prodjopangarso yang diburu.

Tim juga mengoleksi benda-benda yang dipakai pada awal perkuliahan yang bertempat di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Seperti kursi dan alat-alat perkuliahan lain. Selain itu, koleksi sumbangan dari alumni juga berdatangan. Juga dari keluarga para tokoh, dan yang peduli dengan UGM untuk menyerahkan benda-benda berharga yang berhubungan dengan UGM. “Pembangunan Museum UGM meliputi beberapa tahap. Mulai dari tahap persiapan awal, pembukaan museum, dan pengembangan,” paparnya.

Saat ini, koleksinya sudah cukup banyak. Mulai dari mesin ketik Ki Hajar Dewantara, radio kuno, meja kerja Iman Soetiknjo, kursi dan alat-alat awal perkuliahan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, hasil karya dosen dan mahasiswa serta barang-barang lainnya.

foto 5-Museum UGM-Peralatan kerja SardjitoYang menarik, di museum ini ada Ruang Barry, Barrack Obama kecil. Di dalam ruangan tersebut,  terdapat tempat tidur yang pernah digunakan Obama. Pada waktu libur panjang puasa tahun 1967-1969, Barrack Obama sering berkunjung ke Yogyakarta dan menginap di rumah Iman Soetiknjo, paman tirinya.

Museum yang satu ini tergolong unik. Karena bangunannya yang berbentuk rumah kuno khas Jawa dan lokasinya yang strategis,  di kompleks universitas.Sejauh ini, antusiasme masyarakat cukup tinggi. Ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang. Mulai pelajar sekolah dasar sampai turis asing. Pada beberapa bulan yang lalu, ada belasan warga pelajar Amerika Serikat yang exchange ke Yogyakarta dan menyempatkan diri mengunjungi museum. Bahkan Maya Soetoro, adik Barrack Obama Juni 2014 lalu menyempatkan diri mampir ke Museum UGM. Saat itu, Maya Soetoro merasa senang bisa mengunjungi Yogyakarta, setelah 23 tahun yang lalu.

Museum UGM diresmikan pada Dies Natalis UGM ke-64, tepatnya pada 19 Desember 2013. Kehadiran Museum UGM ini menambah jumlah museum yang dimiliki UGM. Yakni, Museum Biologi, Museum Peta, Museum Gumuk Pasir (Geospasial) Parangtritis, Museum Kayu Wanagama, dan Museum Paleoantropologi. Dengan adanya Museum UGM, saat ini di DIY terdapat 45 buah museum. Karena, dari jumlah itu, 33 museum telah masuk organisasi museum yang diberi nama Badan Musyawarah Museum (Barahmus) DIY.

Koordinat:

-7° 46′ 25.07″, +110° 22′ 34.47″

Alamat:

Kompleks rumah dinas Bulaksumur D6 dan D7.

Jam Operasional:

Setiap hari, Senin hingga Minggu, pukul 08.00- 15.00

Koleksi:

Ada lima ruangan tempat koleksi. Di ruang pertama, terpampang sejarah awal berdirinya UGM seiring perkembangan politik di Nusantara. Diawali pada 1943, dengan berdirinya Sekolah Bagian Ilmu Kedokteran Gigi di Surabaya yang dibentuk Jepang, tepatnya 1 April 1943. Sekolah itu merupakan cabang “Ika Daigaku” di Jakarta. Bersamaan dengan itu, di dunia politik pada 3 Oktober 1943 terjadi pembentukan PETA. Hingga sejarah peresmian Gedung Pusat UGM oleh Presiden Ir Soekarno pada 19 Desember 1959.

foto 6-Museum UGM-UGM terus kembangkan teknologiPada ruangan ini juga terdapat beberapa foto awal tempat perkuliahan mahasiswa UGM sebelum dipindahkan ke Bulaksumur. Seperti Pendopo Mangkubumen untuk kuliah Fakultas Kedokteran. Kampus Wijilan untuk kuliah Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat. Ada pula Kampus Sitihinggil tahun 1954. Ada pula koleksi foto kunjungan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru ke Indonesia menemui Presiden Ir Soekarno.

Ruang kedua, menonjolkan koleksi milik Prof Dr Sardjito. Boleh dikatakan ruangan ini khusus untuk mengingatkan kepada rektor pertama UGM itu. Di ruangan ini ada koleksi meja, kursi, mesin ketik, dan foto-foto Prof Dr Sardjito. Ada pula sejarah penemuan obat tradisional oleh Sardjito yang kemudian diberi label Calcusol, sebagai obat peluruh batu ginjal. Nama rektor ini juga telah diabadikan untuk nama rumah sakit terbesar di Yogyakarta, yang juga berada di lingkungan Bulaksumur.

Memasuki ruangan ketiga, ada berbagai koleksi berupa foto maupun koleksi pribadi beberapa tokoh penting UGM. Seperti Hardjoso Prodjo Pangarso, Teuku Jakob, dan Sukamto. Juga koleksi Nalareksa (Alat Perekam O2 dan CO2), Panji dan Logo UGM. Ternyata Logo UGM terinspirasi dari relief Surya Majapahit.

Sementara, ruangan ke-4 dan ke-5, dipamerkan koleksi alat penemuan Prof Herman Johanes (Rektor UGM ke-2) berupa tungku hemat energi dan beberapa koleksi pribadinya. Ada pula sejarah tokoh-tokoh penting lainnya yang punya peran penting dalam sejarah UGM. Seperti Ki Mangunsarkoro, HB IX, dan Ki Hadjar Dewantara.

foto 7-Museum UGM-gambaran teknologi budidaya pertanianDi Gedung D7 ada koleksi foto-foto rektor UGM dari masa ke mas, serta sejumlah foto Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Koleksi yang dipamerkan antara lain tempat tidur dan foto-foto. Bahkan pada 11 Juni 2013, saat soft opening, museum ini dikunjungi pejabat Hawaii University dan Maya Soetoro, adik tiri Barack Obama. Masih banyak koleksi barang bersejarah sumbangan dari kalangan UGM. Tetapi sementara koleksi itu belum bisa disajikan, karena keterbatasan tenaga pengelola museum.

Transportasi:

Bisa memanfaatkan kendaraan pribadi atau umum. Hampir semua jalur bus kota melewati kompleks UGM di Bulaksumur. Turun di bunderan UGM dan kira-kita 5-10 menit berjalan kaki menuju museum.

Tips:

Harus cukup waktu menikmati dan mengenal koleksi-koleksi museum ini dan sejarahnya.

1

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec