27
May-2015

Memilih Mainan Bernilai Tradisi

mainan tradisional

Datang ke Sekaten, belum lengkap tanpa cinderamata. Pilihan yang paling tepat, adalah mainan yang memiliki nilai tradisi.

Memilih Sekaten sebagai bagian dari perjalanan wisata, sungguh jadi pilihan tepat. Terlebih bila datang dengan membawa serta keluarga termasuk anak-anak. Sekalipun bukan hal yang mudah ditengah limpahan ribuan pengunjung, nilai yang bisa ditanamkan ke anak-anak sangat banyak dan berharga.mainan tradisional

Salah satunya, melalui berbagai jenis mainan tradisional. Sembari melihat perayaan Sekaten dan acara tradisi Grebeg, boleh Anda ajak si kecil untuk memilih berbagai mainan yang dijajakan pedagang. Pilihannya cukup beragam. Ada perahu othok-othok, ada ser-seran (sejenis gasing), ada topeng dari kertas, dan jika beruntung akan menemui pula berbagai mainan lain seperti pecut mainan dan endog abang yang secara turun temurun diproduksi oleh perajin dan dijual di arena sekaten.

Melalui mainan dan sedikit bumbu cerita dari Anda sebagai orangtua, transfer pengetahuan akan terjadi. Anak-anak akan dapat merasakan dan menikmati apa yang dulu pernah dirasakan orangtua mereka. Boleh jadi, mereka akan bisa berimajinasi dan menarik sebuah kesimpulan, betapa para perajin mainan masih berjuang untuk bertahan dari gempuran perkembangan jaman. Semua hanya untuk mempertahankan sebuah nilai tradisi berujud mainan anak-anak.mainan tradisional

Jenis mainan cukup beragam. Ada Perahu Othok-othok yakni perahu berbahan seng atau aluminium. Perahu ini bisa dijalankan diatas air. Caranya dengan menyulut sumbu kapas dalam tungku kecil yang telah dibasahi minyak goreng dan ditaruh di bagian dalam perahu. Ada pula Ser seran. Mainan ini lebih mirip Gasing. Terbuat dari bahan timbel yang dicetak bundar seperti roda. Di bagian atasnya dipasang hiasan berbentuk pesawat tempur, helikopter, atau aneka binatang sebagai hiasan. Cara memainkannya diputar dengan benang nilon di bagian tugas kecil yang sekaligus menjadi as dari timah bundar tadi. Yang suka kartun, juga ada topeng berbahan karet dengan model kartun Naruto, Satria Baja Hitam dan Power Rangers beserta pedangnya.Malah, jika beruntung masih bisa mendapatkan mainan lawas seperti kodok-kodokan dan manuk-manukan dari tanah liat, cemeti mainan dan yang lain.

mainan tradisionalLokasi

Berbagai jenis mainan tradisional dijajakan para pedagang di berbagai sudut Alun-alun Utara Jogja. Anda bisa menemukannya dengan mudah, hanya dengan berjalan menyisir ruas jalan yang mengelilingi alun-alun. Bahkan, tidak sedikit pula penjual mainan yang menjajakan dagangannya di dalam areal pasar malam di alun-alun.

Harga

Perahu othok-othok kecil – Rp 7.000
Perahu othok-othok sedang – Rp 12.000
Perahu othok-othok besar – Rp 15.000
Ser-seran kecil – Rp 1.500
Ser-seran besar – Rp 2.500
Ser-seran pesawat – Rp 3.000
Topeng Naruto – Rp 7.000
Endog Abang – Rp 1.500
Pecut – Rp 5.000
mainan tradisionalTanyakan cara memainkan dengan baik supaya mainan itu lebih awet atau tahan lama. Jika perlu tanyakan juga cara memperbaiki bila terjadi kerusakan ringan. Tidak ada salahnya melengkapi koleksi mainan dalam jumlah cukup. Sebab setelah Sekaten berakhir, para pedagang ini akan berkeliling keluar kota untuk berjualan. Bukan mustahil bisa bertemu lagi dengan pedagang ini baru tahun depan.

0

 likes / 2 Comments
Share this post:
  • hardiansyah says:

    bisa pesan mainan ser seran lewat paket

    • Netras Media says:

      Maaf kami telat respons. kami juga kesulitan menjawabnya dalam waktu dekat, krn kontak yang ada di kami sudah tidak bisa lagi saat kami coba. tp kalau masih minat, cb kita carikan kontak yang lain. boleh dishare kontak Anda?

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec