09
May-2016

Mencicip Dawet Legen di Tepi Sermo

Kuliner   /   Tags: , ,
Gendhis 1

Gendhis 2Acara makan di akhir pekan atau liburan tentu butuh satu tempat yang spesial. Nah, kalau ingin merasakan sensasi yang berbeda, Gendhis Resto di tepi Waduk Sermo bisa jadi pilihan.

Memang butuh meluangkan waktu untuk menikmati makan di tempat ini. Dari Jogja, kita harus berkendara ke arah Waduk Sermo, mungkin menghabiskan sekitar 45 menit. Jadi, sebaiknya memang luangkan waktu dan niat untuk mengunjungi salah satu waduk ternama di DIY itu. Atau jadikan acara makan di resto ini sebagai bagian dari tour ke kawasan Kulonprogo.

Lokasi resto ini tepat berada di sisi utara Waduk Sermo. Berada di lereng perbukitan, kita harus menaiki tangga sebelum sampai ke area resto. Beberapa gubug kecil tersedia, cukup untuk tamu hingga 10 orang. Sementara tersedia juga joglo besar untuk pertemuan dan acara makan khusus yang mengundang lebih banyak tamu. Mushola dan kamar mandi juga cukup representatif. Arena bermain untuk anak-anak juga ada, dan bisa dimanfaatkan sembari menunggu makanan yang dipesan siap disantap.

Gendhis 3Lokasinya yang berada di lereng bukit memberikan view yang luar biasa ke arah waduk. Kita bisa melihat Sermo dalam bingkai yang berbeda dari ketinggian. Pemandangan di kala senja barangkali adalah yang terbaik, karena matahari akan tenggelam di punggung perbukitan yang berada di seberang waduk. Prosesi tidurnya sang Surya ini menciptakan drama tersendiri, karena semburat kuning oranyenya pelan-pelan akan menghilang. Pantulan cahaya di air yang bergelombang seperti kalimat pamitan yang diucapkan begitu indah.

Menu yang tersedia di resto ini cukup beragam, tetapi yang tidak boleh dilupakan adalah ikan bakar. Menu khas kawasan perairan ini cocok sekali bersanding dengan Waduk Sermo. Apalagi bagi Anda yang hobi memancing dan menghabiskan siang hari di Sermo untuk berburu ikan tetapi tanpa hasil, maka ikan bakar di Gendhis bisa jadi pengobat lara hati akibat mancing yang gagal. Gurameh bakar dan bawal bakarnya sangat direkomendasikan. Puncak kenikmatannya adalah sajian sambal, khususnya sambal ijo yang menggugah selera.

Gendhis 6Menu lain yang tak boleh dilewatkan adalah sup. Jangan bayangkan sup resto yang membosankan rasanya. Di Gendhis, sup dibuat dengan citarasa ndeso. Ini adalah jenis sup tradisi yang rasa ayamnya terasa sekali. Berbagai jenis ikan krispi dan ayam krispi juga layak dicoba, khususnya bagi anak-anak karena mereka akan senang sekali dengan rasanya.

Aneka jus dan minuman yang biasa tersaji dimana-mana juga ada. Karena itu, jika datang ke Gendhis Resto, sebaiknya tidak memesan teh hangat atau es jeruk. Menu minuman yang tidak bolah dilewatkan adalah dawet legen. Kombinasi antara dawet tepung beras dan legen yang merupakan sari nira kelapa. Legen adalah bahan pembuatan gula merah atau gula jawa. Memang kawasan perbukitan Menoreh adalah salah satu pusat produksi gula merah, dan karena itu legen tersedia melimpah di daerah ini. Dawet legen ini memiliki citarasa khas, karena dawet tepung beras yang tawar dipadu dengan minuman legen yang manis menciptakan sensasi tersendiri di mulut. Rasa manis legen juga tidak sembarang manis, karena sangat alami dan punya kekuatan rasa yang khas.

Gendhis 5Jangan lupa pula untuk menikmati pemandangan Waduk Sermo dari pondok-pondok yang tersedia di Gendhis Resto. Jangan diburu waktu. Nikmati makanan dan juga pemandangannya sekaligus. Mari melepaskan diri sejenak dari rutinitas, melahap santapan lezat di tengah alam yang indah.

3

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec