09
Dec-2015

Meneguhkan Pasangan di Candi Gunung Wukir

Wisata   /   Tags: , ,

 

Magelang dikenal sebagai kabupaten dengan seribu candi. Salah satunya, Gunung Wukir, yang masuk kategori candi Hindu. Letak candi ini ada di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Magelang.

candi-wukir01Sejarawan memperkirakan candi ini sebagai candi tertua yang dibangun saat pemerintahan Raja Sanjaya dari zaman Kerajaan Mataram Kuno, tahun 732 M (654 tahun Saka). Untuk mencapai Candi Gunung Wukir, Anda harus bersiap dengan fisik yang bugar, karena berada di sebuah bukit yang terletak di belakang dusun. Untuk mencapai ke sana, pengunjung mau tidak mau harus berjalan kaki.

Sebaiknya, Anda harus memparkirkan kendaraan di kediaman warga setempat. Untuk lebih mudahnya, pengunjung menemui Juru Kunci Candi Canggal, Pak Widodo. Pria yang pernah menjadi artis sinetron ini memang bertugas menjaga dan membawa kunci lokasi candi ini.

candi-wukir02Widodo berkisah, ada mitos yang menyertai keberadaan dari candi ini. Yaitu, siapa saja yang mengajak pacarnya mengunjungi Candi Gunung Wukir ini, pastilah akan menjadi jodohnya.

“Semacam peneguhan pasangan kita. Percaya atau tidak, semuanya terserah Anda,” kata Widodo.

Yang pasti, kompleks reruntuhan candi ini berukuran 50 m x 50 meter dan terbuat dari jenis batu andesit. Kompleks ini ditemukan tahun 1879 dan ada prasasti Canggal. Sayangnya, prasasti tidak lagi berada di lokasi ini, karena dibawa ke Museum Nasional Jakarta.

candi-wukir03Selain prasasti Canggal, dalam candi juga ditemukan Yoni dan arca Nandi. Keduanya masih ada dan utuh. Namun incaran pencuri masih saja berlangsung.

Candi ini berbeda dari candi lainnya. Dalam candi ini ditemukan Prasasti Canggal yang tertanggal 732 Masehi, berhuruf Pallawa, dan berbahasa Sansekerta. Prasasti berkisah mengenai Raja Sanjaya yang gagah berani menaklukkan musuh-musuhnya. Kemudian, Raja Sanjaya membangun sebuah lingga di atas bukit sebagai tanda kemenangannya. Menurut Widodo, candi ini sebagai tempat berdirinya lingga. Sekali lagi sayang, lingga inipun telah lenyap.

Koordinat

7.634266°LS / 110.296801°BT

Lokasi

candi-wukir004Candi ini di atas Bukit Wukir, yang oleh masyarakat disebut Gunung Wukir. Lokasinya, berada di lereng barat Gunung Merapi atau sebelah Timur Laut Kota Muntilan.

Transportasi

Untuk mencapai lokasi ini, bisa dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan pribadi, dari Jogja lokasi bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit.Tapi bila pilihannya kendaraan umum, waktu tempuh lebih lama. Dari Jogja bisa menumpang kendaraan umum tujuan Magelang/Muntilan. Turun di pertigaan Semen, arah Ngluwar. Cari kendaaan umum yang menuju Ngluwar dan turun di Desa Kadiluwih. Anda harus berjalan sekitar 15 menit untuk sampai ke atas bukit.

Tips:

– Untuk menikmati keindahan Candi Gunung Wukir, hindari pada musim penghujan. Sebaiknya dipilih waktu pagi hari atau sore hari, di mana matahari cukup bagus memberi efek pada candi.
– Harus siap fisik dan mental, karena harus naik bukit yang tingginya 300 meter dari permukaan laut.
– Jangan lupa membawa bekal minuman.
– Jangan lupa membawa obat-obatan, terutama untuk menghindari serangan nyamuk.
– Lebih baik meminta tolong juru kunci agar lebih mudah mengakses masuk candi dan siapkan tips untuk juru kunci seiklhasnya.

0

 likes / 0 Comments
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives

> <
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec