04
May-2016

Mengejar Kelezatan Mie di Mie Ayam Mekaton

Mie Ayam Goreng 1

Mie Ayam Goreng 5Mie ayam biasa disantap sebagai makanan selingan. Tapi di beberapa tempat bisa pula menjadi menu sarapan. Selain praktis, kandungan mie yang bahan utamanya dari gandum itu rupanya bisa cukup mengganjal perut sampai tengah hari. Tentu Jogja tidak ketinggalan dengan kehadiran mie ayam. Meskipun baru ada sekitar era 80-an akhir dan marak pada tahun 90-an, mie ayam sudah banyak membuat cerita. Mulai dari warung-warung mie ayam sebagai tongkrongan pelajar dan mahasiswa sampai ke mana harus berburu kelezatan mie ayam paling enak.

Cerita dari mulut ke kuping biasanya lebih ampuh untuk menunjukkan arah ke mana harus menuju sumber kelezatan mie ayam itu. Data tak berskema dan hanya menurut selera si penutur itu setidaknya telah mencatat beberapa nama mie ayam paling enak di Jogja: mie ayam seberang Hotel Phoenix, mie ayam Pak Sronto Ngampilan, sampai mie ayam yang punya label cabang seperti mie ayam Mas Yudi dan mie ayam Pasar Baru.

Mie Ayam Goreng 7Di luar nama-nama itu masih banyak yang lain, tentu sekali lagi, sesuai selera si penutur. Kali ini, ada satu nama yang akan membuat lidah kita merasa lain saat menyantap mie ayam. Rasa yang menurut lidah keluar dari rasa mainstream mie ayam selama ini.

Kita akan mendapat rasa mie ayam yang sungguh nyamleng itu di sudut jalan desa yang jauh dari hingar-bingar mainstream rasa mie ayam kota di Somokaton, Margokaton, Sayegan, Sleman. Tepatnya di deretan depan semacam ruko di samping Pasar (Hewan) Srikaton Sayegan Sleman. Memang tidak biasa penanda warung mie ayam yang biasa disebut Mie Ayam Mekaton ini. Tanpa papan nama dan tanpa arah petunjuk untuk menuju lokasi ke sana. Sungguh di luar mainstream.

Untuk menuju ke sana kendaraaan diarahkan ke Jalan Magelang sampai di perempatan Mlati tepatnya di sebelah selatan Makam Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Setelah itu, belok ke kiri atau arah ke barat lurus terus sampai nanti menemukan Pasar Cebongan.

Dari situ lurus ketemu pertigaan lalu ambil jalan ke kiri mengikuti jalan tersebut menuju arah ke Minggir, Sleman. Nah, kira-kira sepenggalah jalan, tepat setelah lewat sedikit tanjakan di kanan jalan  ada plang bertulis Pasar Srikaton. Di deretan paling ujung, paling barat, warung Mie Ayam Mekaton itu berada. Di situlah tujuan utama kita.

Mie Ayam Goreng 3Mie Ayam Mekaton terbuat dari terigu dan dibuat sendiri.
“Kami membuat mie sendiri, bahan utamanya terigu dan telur bebek,” kata Wanto, salah seorang putra Bu Wahim pemilik warung mie ayam Mekaton, baru-baru ini.

Telur bebek itu, lanjut Wanto, yang akan membuat mie menjadi lebih kenyal dengan rasa gurih lezat. Sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet atau bahan kimia lainnya. Itu sebabnya mienya tidak tahan lama, maksimal tiga jam karena benar-benar tanpa pengawet kimia.

“Kami baru membuat mie lagi jika persediaan dalam seharian kami jualan itu habis, jadi selalu fresh mienya,” jelasnya.

Sekali waktu, ketika marak isu mie berformalin, warungnya juga kena dampak diperiksa dan diteliti oleh gabungan pihak berwenang. Hasilnya, sama sekali tidak ditemukan formalin atau bahan pengawet lainnya di dalam mie.
“Saya justru senang kalau pemeriksaan seperti itu karena akan menjadi bukti bahwa mie saya tidak memakai bahan pengawet apa pun,” katanya, bangga.

Mie Ayam Goreng 6Cerita lainnya, tentu rasa mie ayam yang nyamleng itu tadi. Ada dua menu mie ayam di sini: mie ayam kuah dan mie ayam goreng. Menu pertama sama persis dengan mie ayam yang selama ini dikenal, terdiri dari mie dengan potongan daging ayam, sayur sawi matang, ketimun, dan kuah. Varian menu kedua tergolong baru dalam dunia mie ayam, yaitu mie ayam tanpa kuah. Sajian ini terdiri dari mie, potongan daging ayam, sayuran (daun sawi bukan tesin yang direbus matang), ketimun, dan di atasnya diberi taburan lada dan bawang goreng.

Secara keseluruhan rasa mie ayam goreng lebih beraroma ayam panggang. Itu datang dari irisan daging ayam yang besar-besar dengan bumbu kecap yang berasa ayam panggang. Daging ayam itu tampak kecokelatan tetapi sama sekali bukan karena dibumbu bacem melainkan dikecapin.

Daging ayam yang diiris besar-besar itu dipilih dari ayam potong berukuran besar pula. Jika Anda suka sambal, bisa ditambahkan di situ meskipun sudah ada rasa semi pedas dan hangat dari taburan merica. Sambalnya bukan lagi sekadar pelengkap sajian tetapi akan menambah rasa semakin masuk ke dalam kelezatan yang berselera. Karena sambal itu juga punya aroma ayam panggang yang sesekali seperti mengeluarkan asap panggangan. Meski agak monokromatik tapi tetap klop banget rasanya.

Mie ayam goreng disajikan di atas piring sehingga memudahkan untuk men-campur-aduk mie dengan tambahan lainnya tadi. Beda dengan mie ayam biasa yang disajikan dengan mangkuk. Di sini mie ayam goreng tampak mendominasi orderan sejak warung ini buka pukul 10.00 pagi. Karena memang menu inilah yang di luar mainstream mie ayam.

Sehari mie ayam Mekaton bisa menghabiskan 400-500 porsi. Jadi jangan kelewat siang kalau masih mau ikut merasakan kelezatan mie ayam goreng Mekaton ini. Karena hanya selang 3-4 jam biasanya mie ayam goreng Mekaton akan mengakhiri jam bukanya. Sungguh kelezatan yang harus dikejar.

Lokasi:

Somokaton, Margokaton, Sayegan, Sleman.  Ini berada di samping Pasar (Hewan) Srikaton dan Puskesmas Sayegan.

Buka:

Mie Ayam Goreng 2Pukul 10.00-14.00, kecuali hari Jumat dan 2 hari Lebaran tutup.

Harga:

Mie Ayam: Rp 8.000,00
Mie Ayam Goreng: Rp 8.000,00
Es Jeruk: Rp 2.000,00
Jeruk Panas: Rp 2.000,00
Es Teh: Rp 2.000,00
Teh Panas: Rp 2.000,00

Transportasi:

Disarankan untuk naik kendaraan pribadi baik motor atau mobil karena tidak ada angkutan umum yang sampai ke lokasi. Hanya sampai di Pasar Cebongan. Bilamana naik angkutan umum, maka turun di Pasar Cebongan lalu ganti dengan ojek untuk sampai ke lokasi. Tarif ojek rata-rata Rp 15.000 – Rp 20.000,00.

Tips:
Jika dan hanya jika butuh spesial order bisa menghubungi nomor telepon: (0274) 7447329  atau untuk memastikan apakah mie ayam masih ada atau sudah habis.

1

 likes / One comment
Share this post:
  • misfah says:

    heemmm enak banget sih kayaknya. informasi yang bermanfaat. cocok buat referensi makan siang. teriama kasih ini juga bisa jadi referensi http://goo.gl/zuGyE0

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Archives

    > <
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
    Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec